Smartphone PinePhone Pro Linux Diluncurkan dengan RAM 4GB, SoC Rockchip Kustom


PINE64 hari ini meluncurkan PinePhone Pro sebagai smartphone Linux andalan mereka dan penerus PinePhone asli, menampilkan internal yang lebih kuat dan tampilan yang ditingkatkan. Prosesor Hexa-Core yang berjalan pada 1,5GHz dan memungkinkan ponsel cerdas menerima panggilan dan pesan SMS selama status ditangguhkan, sehingga menghemat baterai.

PinePhone Pro juga dilengkapi layar IPS 1440×720 dalam sel yang cantik yang dilapisi Corning Gorilla Glass 4, 4GB dual-channel 800MHz LPDDR4 RAM, 128GB penyimpanan flash eMMC internal, kamera belakang 13MP high-fidelity, dan kamera depan 5MP untuk panggilan video dan selfie, Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 4.1, dan ARM Mali T860 GPU.

Meskipun sedikit lebih tebal dari PinePhone asli, sasis PinePhone Pro tidak jauh berbeda untuk menjaga agar perangkat tetap kompatibel dengan semua periferal yang ada ls, termasuk keyboard PinePhone, PineDio LoRa, pembaca sidik jari, dan kasing nirkabel, namun memiliki lapisan yang lebih baik untuk meminimalkan sidik jari berminyak.

Selain itu, perangkat ini dilengkapi dengan akselerator, giroskop, proximity, kompas, dan sensor cahaya sekitar, 3,5 jack audio mm dengan output UART, flash, LED status, motor getar, slot Micro SD, pogo-pin, port USB-C untuk pengisian daya dan video out mode alt DP, serta baterai Samsung J7 form-factor 3000mAh.

Of Tentu saja, pengguna juga akan menemukan sakelar mematikan perangkat keras untuk kamera, mikrofon, Wi-Fi dan Bluetooth, jack headphone, dan modem LTE (termasuk GPS) di bawah penutup belakang. Dari segi perangkat lunak, PinePhone Pro didukung oleh Manjaro Linux ARM dengan lingkungan desktop KDE Plasma.

“Kami belajar banyak dari bekerja pada PinePhone asli. Selama dua tahun terakhir kami dengan susah payah mengumpulkan dan menganalisis umpan balik pengguna akhir dan menjelajahi semua jalan untuk peningkatan perangkat keras. PinePhone Pro adalah hasil akhir dari perjalanan ini,” kata PINE64.

Menurut PINE64, perangkat ini menawarkan tingkat kinerja yang mirip dengan smartphone Android kelas menengah baru-baru ini, mendukung game Linux asli seperti SuperTuxKart dan emulator game retro populer seperti PPSSPP atau MAME . Selain itu, PinePhone Pro mendukung periferal eksternal seperti monitor, keyboard, dan mouse untuk pengalaman yang konvergen.

PinePhone Pro Linux smartphone berharga $399 USD dan tersedia untuk pre-order mulai hari ini (pengiriman pada Desember 2021) hanya untuk pengembang proyek mitra dan kontributor mapan . PinePhone Pro Explorer Edition akan tersedia untuk pre-order pada bulan November (pengiriman pada awal 2022) untuk semua orang yang menginginkan smartphone khusus Linux sebagai driver harian mereka jika mereka menerima batasan perangkat lunak saat ini.

Jika Anda ingin tahu apakah PinePhone Pro adalah untuk Anda, lihat bagian FAQ situs web resmi dan Pembaruan Komunitas Oktober PINE64. Juga, lihat video promo dan galeri gambar di bawah ini untuk melihat aksi smartphone bertenaga Linux! Dan jangan khawatir, PinePhone akan tetap ada untuk dibeli jika Anda menginginkan ponsel Linux yang lebih murah.

Kredit gambar: PINE64

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: