SparkyLinux 2021.09 Rolling Membuka Jalan untuk SparkyLinux 7 “Orion Belt” Berbasis Kutu Buku Debian


Pengembang SparkyLinux merilis SparkyLinux 2021.09 hari ini sebagai pembaruan September 2021 dari rilis semi-rolling dari distribusi GNU/Linux berbasis Debian ini.

SparkyLinux 2021.09 adalah rilis pertama di jalur semi-rolling untuk pindah ke repositori Pengujian Debian hulu baru, yang sekarang disiapkan untuk rilis besar berikutnya dari salah satu distribusi GNU/Linux tertua dan paling terkenal, Debian GNU/Linux 12 “Bookworm.”

Dengan demikian, SparkyLinux 2021.09 hadir untuk membuka jalan bagi seri stabil utama berikutnya dari Distro berbasis Debian, SparkyLinux 7.0 “Orion Belt,” yang akan didasarkan pada seri Debian GNU/Linux 12 “Bookworm”.

SparkyLinux pengguna yang ingin menerapkan distribusi di komputer baru akan dapat menikmati Debian Bookworm ( Pengujian) paket per 17 September 2021, penginstal grafis Calamares 3.2.43 terbaru, serta latar belakang baru untuk bootloader, layar boot splash, pengelola login, dan desktop.nbs p
Selain itu, SparkyLinux 2021.09 dikirimkan dengan aplikasi baru bernama lfm, yang merupakan pengelola file yang kuat untuk konsol UNIX berdasarkan Python, alat baris perintah pemutakhiran sparky yang telah diinstal sebelumnya secara default di gambar SparkyLinux MinimalCLI, GCC 11 telah diinstal sebelumnya, tetapi tidak sebagai default, dan kernel Linux 5.10.46 LTS.

Untuk yang lebih berani di antara kita, repositori SparkyLinux yang tidak stabil mencakup kernel Linux 5.14.6 yang jauh lebih baru, serta Kandidat Rilis Linux 5.15 terbaru, meskipun yang terakhir hanya ditujukan untuk tujuan pengujian saja dan tidak disarankan untuk digunakan dalam pekerjaan produksi apa pun.

SparkyLinux 2021.09 tersedia untuk diunduh sebagai edisi Xfce, KDE Plasma, LXQt, MATE, MinimalGUI (Openbox), dan MinimalCLI (berbasis teks) hanya untuk 64-bit (x86_64 /amd64) platform sekarang dari situs resmi.

Pengguna bergulir SparkLinux yang ada hanya perlu memperbarui instalasi mereka dari versi 2019.x, 2020.x, atau 2021.x dengan mengubah repositori Debian menjadi ‘bookwor m’ dan repositori SparkyLinux ke ‘orion’, dan kemudian melakukan upgrade sistem penuh dengan menjalankan perintah sparky-upgrade.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: