Star Labs Rilis Firmware Coreboot 7 Open-Source untuk Laptop Linux dengan Fitur Baru


Star Labs hari ini mengumumkan rilis firmware open-source Coreboot 7 untuk laptop bertenaga Linux dengan fitur dan peningkatan baru.

Berdasarkan rilis Coreboot 4.14 upstream, firmware open-source Coreboot 7 Star Labs sekarang tersedia untuk StarBook Mk Notebook V, Star LabTop Mk III, dan Star LabTop Mk IVLinux, bersama dengan utilitas Coreboot Configurator yang diperbarui.

Rilis ini muncul sekitar tiga bulan setelah Coreboot 6 dan menghadirkan beberapa fitur baru, termasuk opsi baru untuk menyetel tingkat pengisian daya maksimum menjadi 60, 80, atau 100 persen, serta opsi baru untuk mengatur kurva kipas sebagai Agresif, Normal, atau Diam.

Opsi baru ini tersedia sekilas di utilitas Coreboot Configurator, yang juga memungkinkan Anda menonaktifkan atau mengaktifkan nirkabel laptop, webcam, mikrofon, Hyper-Threading, Intel VT-d, Intel ME, Fn Ctrl reverse, atau opsi clock gating, serta untuk mengatur profil daya, batas waktu lampu latar keyboard, dan perilaku Power On.
Co reboot Configurator – Gambar milik Star Labs
Selain itu, rilis Coreboot 7 meningkatkan volume dan kualitas speaker, mengatasi bug yang dapat menonaktifkan mikrofon, webcam, dan Wi-Fi saat memutakhirkan ke Coreboot 6, dan memperbaiki kontrol lampu latar ACPI kedua .

Jika Anda memiliki laptop Star LabTop Mk III, Star LapTop Mk IV atau StarBook Mk V Linux, dan Anda menggunakan firmware sumber terbuka Coreboot, Anda dapat memperbarui komputer ke versi 7 dengan mengikuti petunjuk dari sini.

Sebagai pengingat , Anda harus menginstal fwupd 1.5.6 atau lebih baru pada distribusi GNU/Linux Anda, yang harus Ubuntu 20.04 LTS atau lebih baru, Linux Mint 20.1 atau lebih baru, SDOS 6, atau Manjaro 21 atau lebih baru. Selain itu, Kunci BIOS harus dinonaktifkan dan laptop Anda harus terhubung ke pengisi daya dan baterai terisi setidaknya 30%.

In berita terkait, Star Labs hari ini mengumumkan bahwa distribusi MX Linux 21 “Wildflower” yang baru dirilis sekarang tersedia sebagai opsi pra-instal untuk semua laptop bertenaga Linux, termasuk notebook StarLite Mk IV 11 inci yang diluncurkan minggu lalu.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: