Steam Client Sekarang Mendukung Encoding Perangkat Keras VA-API di Linux, CEG DRM Games


Valve hari ini merilis pembaruan Steam Client baru yang menghadirkan beberapa pernak-pernik untuk gamer dan game Linux, serta berbagai peningkatan lainnya, peningkatan kinerja, dan perbaikan bug.

Kabar baik untuk pengguna Linux! Pembaruan Steam Client baru menambahkan dukungan untuk pengkodean perangkat keras VA-API di Linux. Pengguna yang tidak menginginkan fitur ini dapat menonaktifkannya dengan mematikan pengkodean perangkat keras AMD dan Intel di pengaturan host lanjutan Remote Play.

Selain itu, Valve menambahkan dukungan untuk pengambilan DMABUF PipeWire di Linux, yang dapat diaktifkan dengan meluncurkan Steam dengan argumen -pipewire-dmabuf, dan memerlukan versi 32-bit dari libgbm.so.1 library.

Tapi tunggu, itu saja, karena rilis Steam Client baru menambahkan dukungan untuk pengambilan 4K melalui PipeWire, menambahkan dukungan awal untuk game menggunakan CEG DRM melalui Proton, meningkatkan kompatibilitas dengan rantai sertifikat Let’s Encrypt TLS/SSL terbaru, dan meningkatkan streaming game di sistem Linux dengan memperbaiki beberapa crash yang jarang terjadi.

Juga untuk pengguna Linux, pembaruan ini meningkatkan kinerja keseluruhan dari Steam Client dan mengurangi disk I/O saat memperbarui cache Mesa dan meningkatkan kompatibilitas dengan beberapa versi Mesa eksperimental.

Selain perubahan Linux yang hebat ini, pembaruan Steam Client baru meningkatkan koneksi ke Server Steam, meningkatkan penanganan mode offline, menambahkan mesin terbang Steam Deck baru ke Steam Input API, dan menambahkan dukungan untuk mengelompokkan game berdasarkan kategori saat menyortir koleksi berdasarkan Steam Review.

Di bawah tenda, ada berbagai perbaikan bug dan peningkatan untuk mengurangi penggunaan memori saat memproses cache shader dan jumlah sinyal pertemuan yang diperlukan untuk membuat sesi P2P tipikal. Anda dapat mempelajari catatan rilis untuk detail lebih lanjut tentang perbaikan bug ini.

Sementara itu, saya sarankan memperbarui instalasi Steam Client Anda dengan mengaktifkan Steam Client dan mengakses opsi “Periksa Pembaruan Klien Steam” di menu Steam.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: