Systemd-Free MX Linux 21 Resmi Dirilis, Berdasarkan Debian GNU/Linux 11 “Bullseye”


Tim MX Linux dengan bangga mengumumkan hari ini rilis dan ketersediaan umum MX Linux 21, rilis utama dari distribusi GNU/Linux berbasis Debian, bebas sistem dan ringan.

Dijuluki “Wildflower”, MX Linux 21 telah dikembangkan untuk enam bulan terakhir dan hadir sebagai peningkatan ke seri MX Linux 19.x, berdasarkan seri sistem operasi “Bullseye” Debian GNU/Linux 11 terbaru dan terhebat, dan dikirimkan dengan lingkungan desktop Xfce 4.16 dan KDE Plasma 5.20, juga sebagai, untuk pertama kalinya, edisi resmi yang menampilkan pengelola jendela Fluxbox 1.3.7 dengan konfigurasi mx-fluxbox 3.0.

Edisi Xfce, yang tetap menjadi edisi unggulan MX Linux, memperkenalkan plugin Thunar Shares untuk pengelola file Thunar untuk mengakses Berbagi Samba, yang dapat Anda akses dari dialog properti folder, plugin seperti dermaga yang diperbarui, serta berbagai paket Xfce terbaru lainnya.

Edisi Fluxbox dilengkapi dengan manajer pengaturan Fluxbox yang mirip dengan Xfce manajer pengaturan, Tint2 sebagai panel default dengan kumpulan konfigurasi yang dibuat sebelumnya dan seperangkat alat yang diperluas untuk manajemen panel, opsi ubin menggunakan Ctrl + 1-9 atau tombol panah, mxfb-quickshot dan mxfb-timer, dan Bantuan yang direvisi docs with ten translations.
MX Linux 21 KDE PlasmaMX Linux 21 Fluxbox
Sorotan MX Linux 21 mencakup area pemilihan partisi penginstal baru dengan dukungan LVM, menu boot sistem langsung UEFI baru dengan opsi “rollback” dan kemampuan untuk memilih opsi boot langsung dari boot menu dan submenu daripada menggunakan menu konsol sebelumnya, dan kata sandi pengguna (sudo) untuk tugas administrasi secara default.

Rilis MX Linux baru ini juga memperkenalkan aplikasi baru bernama MX Tour, yang memberikan gambaran singkat tentang setiap lingkungan desktop kepada pendatang baru. Selain itu, pengguna akan menemukan tema default baru untuk ketiga rasa yang disebut MX Comfort, sekumpulan skrip khusus dalam edisi Fluxbox, serta banyak perubahan konfigurasi kecil lainnya, terutama pada panel dengan plugin panel default baru. dukungan telah ditingkatkan juga, dan MX Linux 21 didukung oleh seri kernel Linux 5.10 LTS dari Debian GNU/Linux 11, tetapi image ISO AHS (Advanced Hardware Support) yang menampilkan lingkungan desktop KDE Plasma akan disiapkan juga dengan kernel Linux 5.14 series yang lebih baru.

Versi kernel baru ini menghadirkan dukungan Wi-Fi Realtek yang lebih baik dari modul Dukungan Modul Kernel Dinamis (DKMS), yang diinstal secara default, dan dukungan yang lebih baik untuk perangkat keras modern. Selain itu, driver grafis Mesa Vulkan diinstal secara default dalam rilis ini untuk pengalaman bermain game yang lebih baik. MX Linux 21 tetap merupakan distribusi GNU/Linux bebas sistem yang menampilkan SysVinit sebagai sistem init default. Namun, systemd juga tersedia dalam rilis ini sebagai opsi boot, tetapi hanya pada sistem yang diinstal, bukan pada ISO.

langsung Anda dapat mengunduh MX Linux 21 sekarang menggunakan tautan unduhan langsung di bawah ini. Gambar ISO langsung disediakan untuk sistem 64-bit untuk varian KDE Plasma, serta untuk sistem 64-bit dan 32-bit untuk edisi Xfce dan Fluxbox. Harap perhatikan bahwa ISO langsung tidak dapat boot pada sistem dengan Boot Aman diaktifkan.
Unduh MX Linux 21 Xfce 64-bitUnduh MX Linux 21 Xfce 32-bitUnduh MX Linux 21 Fluxbox 64-bitUnduh MX Linux 21 Fluxbox 32-bitUnduh MX Linux 21 KDE Plasma

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: