Ubuntu 21.10 Beta Sekarang Tersedia untuk Diunduh dengan Kernel Linux 5.13 dan GNOME 40


Canonical hari ini merilis versi beta dari rilis “Impish Indri” Ubuntu 21.10 yang akan datang, memungkinkan penguji beta publik untuk mengambil versi Ubuntu utama berikutnya untuk test drive di komputer pribadi mereka.

Ubuntu 21.10 telah dikembangkan sejak Mei 2021 dan, seperti semua versi sebelumnya, didasarkan pada rilis sebelumnya, dalam hal ini Ubuntu 21.04 “Hiruste Hippo.” Setelah beberapa bulan kerja keras, para pengembang Ubuntu berhasil membuat beberapa perubahan penting pada rilis mendatang.

Selain rantai alat yang diperbarui berdasarkan GNU C Library 2.34, GCC 11, LLVM 13, dan GNU Binutils 2.37, Ubuntu 21.10 sekarang dikirimkan dengan kernel yang lebih baru, yaitu Linux 5.13, dan akhirnya membuat lompatan ke seri lingkungan desktop GNOME 40 dengan Tinjauan Aktivitas yang dirubah dan perubahan besar lainnya.

Faktanya, Ubuntu 21.10 beta dikirimkan dengan rilis poin GNOME 40.4 terbaru, tetapi tidak masukkan Ikhtisar Aktivitas secara default, yang saya kira adalah perilaku yang dicari pengguna Ubuntu. Tentu saja, semua aplikasi pra-instal telah diperbarui ke tumpukan GNOME 40, termasuk pengelola file Nautilus.

Tidak ada aplikasi baru yang hadir dalam rilis ini, tetapi pengguna akan dapat menikmati Mozilla Firefox 92 terbaru sebagai browser web default sebagai paket Snap, dan LibreOffice 7.2 sebagai office suite default. Juga termasuk tema Yaru yang dirubah dengan hanya alternatif Terang dan Gelap, membuat segalanya lebih menyenangkan. Campuran tema terang dan gelap dari rilis sebelumnya sekarang hilang. Ikhtisar Aktivitas baru
GNOME 40 Didukung oleh kernel Linux 5.13Yaru Tema Terang dan Gelap Di antara perangkat tambahan lainnya, sesi Wayland sekarang berfungsi saat menggunakan driver grafis NVIDIA berpemilik, PulseAudio 15 disertakan secara default dengan dukungan untuk profil Bluetooth LDAC, AptX, dan HFP untuk kualitas audio yang lebih baik, dan PipeWire juga telah diinstal sebelumnya secara default untuk pemutaran audio yang lebih baik.

Rilis terakhir Ubuntu 21.10 “Impish Indri” akan dirilis pada 14 Oktober 2021 Sampai saat itu, pengguna memiliki waktu tepat tiga minggu untuk menguji versi beta dan melaporkan bug jika mereka ingin memiliki pengalaman Ubuntu yang out-of-the-box. Anda dapat mengunduh Ubuntu 21.10 beta sekarang dari sini.

Tidak menggunakan Ubuntu? Rasa resmi juga tersedia untuk pengujian beta publik, dan Anda dapat mengunduh versi beta Kubuntu 21.10, Xubuntu 21.10, Lubuntu 21.10, Ubuntu Studio 21.10, Ubuntu MATE 21.10, Ubuntu Budgie 21.10, dan Ubuntu Kylin 21.10 sekarang dengan mengkliknya .

Dari semuanya, Xubuntu tampaknya memiliki perubahan paling banyak dengan dua aplikasi baru yang sudah diinstal sebelumnya di sistem langsung, yaitu GNOME Disk Analyzer (Baobab) dan GNOME Disks, dan tata letak toolbar alternatif untuk pemutar musik Rhythmbox. Selain itu, pengelola file Thunar telah diperbarui untuk menampilkan jalur direktori lengkap di bilah judul dan sekarang Anda dapat memanggil Menu Kumis dengan Super key.

Juga perlu disebutkan bahwa Kubuntu 21.10 beta hadir dengan lingkungan desktop KDE Plasma 5.22 terbaru, Paket perangkat lunak KDE Gear 21.08, serta Latte Dock 0.10, Ubuntu MATE 21.10 beta dikirimkan dengan lingkungan desktop MATE 1.26 terbaru, dan Lubuntu 21.10 beta dengan lingkungan desktop LXQt 0.17.0 terbaru.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: