Ubuntu 21.10 “Impish Indri” Sekarang Tersedia untuk Diunduh, Ini Yang Baru


Canonical hari ini merilis Ubuntu 21.10 untuk diunduh sebagai versi terbaru dari sistem operasi populer berbasis Linux untuk komputer pribadi, server, dan komputasi awan.

Dijuluki sebagai “Impish Indri,” Ubuntu 21.10 telah dikembangkan selama enam bulan terakhir dan akan segera hadir sebagai peningkatan ke rilis Ubuntu 21.04 “Hiruste Hippo”, yang akan mencapai akhir masa pakainya pada Januari 2022. Ubuntu 21.10 didukung selama sembilan bulan ke depan, hingga Juli 2022, jadi ini adalah pilihan peningkatan yang jelas.

Fitur baru terbesar Ubuntu 21.10 “Impish Indri” adalah lingkungan desktop GNOME 40. Ini adalah rilis Ubuntu pertama yang dikirimkan dengan desktop GNOME 40 lengkap, karena rilis Ubuntu 21.04 hanya menawarkan aplikasi GNOME 40 di atas lingkungan desktop GNOME 3.38.

Oleh karena itu, pengguna Ubuntu akhirnya akan dapat menikmati Tinjauan Aktivitas GNOME 40 yang didesain ulang dengan ruang kerja horizontal yang dinamis, gerakan touchpad baru, penjelajahan dan peluncuran aplikasi yang lebih menarik, dan banyak lagi. Namun, Tinjauan Aktivitas tidak diaktifkan secara default dan Ubuntu 21.10 tidak menggunakan dock GNOME 40.

Ubuntu 21.10 tetap pada tampilan dan nuansa yang sama yang digunakan sejak 2004 dengan rilis “Natty Narwhal” Ubuntu 11.04, yaitu dengan Ubuntu Dock di sisi kiri layar dan bilah menu di bagian atas layar.

Berbicara tentang tampilan dan nuansa, Ubuntu 21.10 menampilkan tema Yaru yang ditingkatkan untuk mengakomodasi lingkungan desktop GNOME 40 dan menghapus campuran tema Terang dan Gelap dari panel Appearance di Pengaturan Sistem, yang digunakan dalam rilis sebelumnya.

Perubahan besar lainnya di Ubuntu 21.10 adalah browser web Firefox sebagai paket Snap secara default. Keuntungan utama dari Firefox Snap adalah bahwa pengguna Ubuntu akan mendapatkan versi baru pada saat yang sama ketika mereka dirilis ke hulu, tetapi juga meningkatkan keamanan browser web karena ini adalah aplikasi kotak pasir.

Pada sisi negatifnya, tampaknya Firefox Snap memiliki proses perender yang diketahui macet yang terjadi saat mengganti terminal virtual atau melanjutkan dari penangguhan. Canonical mengatakan bahwa ini disebabkan oleh masalah yang sama yang membuat WebGL tidak berfungsi di sesi Wayland.

Dikatakan bahwa masalah ini akan diperbaiki dalam rilis Firefox 94 mendatang, yang akan keluar pada 2 November 2021, sehingga sebagai solusi sementara bagi pengguna dapat beralih ke saluran Firefox 94 Beta menggunakan perintah snap refresh firefox –beta di aplikasi Terminal.

Firefox Snap tidak digunakan secara default dalam rasa resmi Ubuntu seperti Kubuntu, Xubuntu, Lubuntu, Ubuntu Studio, Ubuntu Budgie, Ubuntu MATE , atau Ubuntu Kylin. Namun, Canonical akan memaksa Firefox Snap pada semua rasa resmi Ubuntu dimulai dengan Ubuntu 22.04 LTS.

Juga baru di Ubuntu 21.10 adalah dukungan untuk driver grafis berpemilik NVIDIA pada sesi Wayland, dukungan untuk Bluetooth LDAC dan codec AptX, serta HFP Bluetooth profiles untuk kualitas audio Bluetooth yang lebih baik dengan PulseAudio 15 dan PipeWire, dan systemd sekarang menggunakan hierarki cgroup “bersatu” (cgroup v2) secara default.

Ini juga merupakan rilis Ubuntu pertama yang menawarkan gambar ISO langsung alternatif yang menampilkan Desktop generasi berikutnya Ubuntu Pemasang yang ditulis dalam SDK Flutter Google. Pengguna dapat menguji drive Penginstal Desktop Ubuntu baru menggunakan gambar Canary Ubuntu 21.10 dari sini.

Di bawah tenda, Ubuntu 21.10 didukung oleh kernel Linux 5.13, yang memperkenalkan dukungan awal Apple M1, dukungan untuk chip Intel dan AMD yang akan datang seperti Intel Alderlake S atau AMD Adebaran, dukungan untuk laptop dan tablet Microsoft Surface, dukungan untuk Kernel Electric Fence (KFENCE), dan banyak lagi.

“Diaktifkan secara default [KFENCE], Ubuntu 21.10 akan mengacak lokasi memori dari tumpukan kernel di setiap entri panggilan sistem pada arsitektur amd64 dan arm64 dengan dampak minimal pada kinerja.”

Namun, kernel Linux 5.13 tidak lagi didukung upstream. Itu mencapai akhir masa pakainya pada 18 September 2021, yang berarti bahwa Canonical akan mencoba mendukungnya hingga akhir masa pakai Ubuntu 21.10 dengan mem-backport patch keamanan terbaru dari kernel arus utama. Tentu saja, pengguna bebas untuk meningkatkan ke kernel Linux 5.14.

Ubuntu 21.10 juga dilengkapi dengan rantai alat terbaru yang terdiri dari GCC 11.2, GNU C Library 2.34, GNU Binutils 2.37, LLVM 13, Golang 1.17, rustc 1.51, PHP 8.0 .8, dan OpenJDK 18, semuanya sangat meningkatkan kesadaran keamanan pengembang sehari-hari dalam pemrograman tingkat rendah.

“Karena Open Source menjadi default baru, kami bertujuan untuk membawa Ubuntu ke semua sudut perusahaan dan semua tempat yang diinginkan pengembang untuk berinovasi,” kata Mark Shuttleworth. “Open Source adalah batu loncatan untuk ide-ide baru dan Ubuntu membuat batu loncatan itu aman, terjamin, dan konsisten.”

Di sisi server, Ubuntu Server 21.10 dikirimkan dengan OpenStack Xena, Open vSwitch 2.16, Chrony 4.1, Containerd 1.5.5, QEMU 6.0 , Libvirt 7.6, OpenLDAP 2.5.6, Apache 2.4.48, Corosync 3.1.2, Runc 1.0.1, BIND 9.16.15, dan Telegraf 1.19.2. Juga, agen sumber daya dan agen pagar dipecah menjadi agen kurasi dan non-kurasi.

Untuk pengguna Raspberry Pi, Ubuntu 21.10 membawa dukungan untuk Sense HAT (dapat diinstal menggunakan Sudo apt install sense-hat) dan emulator desktop Sense HAT (dapat diinstal menggunakan Sudo apt install sense-emu-tools). Selain itu, rilis ini menghapus dukungan untuk Raspberry Pi CM3 karena kurangnya kapasitas penyimpanan.

Ubuntu 21.10 “Impish Indri” tersedia untuk diunduh sekarang sebagai gambar Desktop dan Server. Ini adalah rilis sementara terakhir sebelum Ubuntu LTS berikutnya, yang akan keluar pada April 2022 dan didukung setidaknya hingga 2032. Rasa resmi Ubuntu juga tersedia untuk diunduh di sini.
Download Ubuntu 21.10 DesktopDownload Ubuntu 21.10 Server

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: