Ubuntu 22.04 LTS Dijadwalkan Rilis pada 21 April 2022


Canonical Brian Murray baru-baru ini menerbitkan draft jadwal rilis untuk rilis sistem operasi Ubuntu 22.04 LTS yang akan datang, saat ini ditetapkan untuk tanggal rilis final pada akhir April 2022.

Sementara Canonical masih bekerja keras untuk menyelesaikan detail terakhir dari Ubuntu 21.10 yang akan datang (Impish Indri ) rilis, yang akan melihat cahaya hari pada 14 Oktober 2021, mereka sudah merencanakan rilis besar berikutnya, Ubuntu 22.04.

Tapi Ubuntu 22.04 tidak akan menjadi rilis biasa. Bahkan, ini akan menjadi seri LTS (Long-Term Support) berikutnya, yang didukung setidaknya selama 5 tahun, dan, menurut jadwal rilis yang diterbitkan oleh Brian Murray, pengembangan akan dimulai dengan pengunggahan toolchain biasa hanya seminggu setelah rilis Ubuntu 21.10, pada 21 Oktober.

Jadwal rilis Ubuntu 22.04 LTS juga menyarankan bahwa akan ada dua Minggu Pengujian Ubuntu opsional, di mana anggota komunitas Ubuntu akan dapat berpartisipasi dalam acara pengujian publik, dan rilis Beta direncanakan untuk 31 Maret 2022.

Tahap Pembekuan Fitur ditetapkan untuk 24 Februari, bersamaan dengan Pembekuan Impor Debian, sedangkan Pembekuan Kernel dan Pembekuan Akhir direncanakan masing-masing pada tanggal 7 April dan 14 April. Setelah enam bulan kerja keras, rilis final akan diluncurkan pada 21 April 2022.

Tentu saja, masih terlalu dini untuk mengetahui fitur-fitur baru Ubuntu 22.04 LTS, tetapi sebagai rilis yang didukung jangka panjang, kemungkinan besar Canonical akan bertahan dengan komponen yang telah teruji dengan baik untuk stabilitas dan keandalan ekstra itu.

Satu hal yang pasti, Ubuntu 22.04 akan menjadi rilis LTS Ubuntu pertama yang dikirimkan dengan seri lingkungan desktop GNOME 40 terbaru. Kemungkinan besar, ini akan menampilkan rilis terbaru seperti GNOME 41 atau 42, yang dapat berarti masalah bagi mereka yang meningkatkan dari rilis LTS saat ini, Ubuntu 20.04 (Focal Fossa), yang dikirimkan dengan GNOME 3.36.

Di bawah tenda, sepertinya PHP 8.1 akan ada di sana, dan juga harus ada GCC 11.x sebagai kompiler sistem default dan Linux 5.16 sebagai seri kernel default, tetapi saya tidak akan terkejut melihat seri Linux 5.15 yang didukung jangka panjang sebagai kernel terakhir untuk Ubuntu 22.04 LTS , yang akan menjadi langkah cerdas dari Canonical.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: