Ventoy Pembuat USB Multiboot Menambahkan Mode GUI ke Gambar ISO Langsungnya


Ventoy, alat open source yang membantu Anda membuat drive USB multiboot, hari ini telah diperbarui ke versi 1.0.54, rilis yang memperkenalkan mode GUI ke image ISO live-nya.

Jika Anda belum pernah mendengar Ventoy sebelumnya, izinkan saya memberi tahu bahwa ini adalah solusi pembuatan USB bootable baru yang bekerja hanya dengan menyalin file gambar dari sistem operasi yang Anda inginkan untuk memiliki flash drive tanpa memformatnya berulang-ulang.

Ada banyak alat hebat di luar sana untuk membuat driver USB multiboot, tetapi Ventoy membuatnya lebih mudah dari sebelumnya dan mendukung hampir semua distribusi GNU/Linux yang dikenal, serta OS Windows hingga Windows 11, Chrome OS, BSD, dan sistem UNIX lainnya.

Dengan Ventoy, Anda bahkan tidak perlu menggunakan dan mengekstrak file ISO karena alat ini juga mendukung file IMG, EFI, VHD(x), dan WIM, yang langsung di-boot. Selain itu, Ventoy mendukung x86 Legacy BIOS, IA32 UEFI, x86_64 UEFI, ARM64 UEFI, dan firmware UEFI MIPS64EL, serta IA32 dan x86_64 UEFI Secure Boot.

Rilis terbaru, Ventoy 1.0.54, sekarang hadir dengan mode GUI untuk gambar ISO langsungnya, yang didasarkan pada distribusi Tiny Core Linux yang ringan. Sampai saat ini, live ISO Ventoy hanya menawarkan antarmuka baris perintah untuk membuat drive USB multiboot, tetapi sekarang semuanya menjadi lebih mudah dengan GUI Ventoy.

GUI Ventoy pertama kali dirilis bulan lalu untuk sistem Linux, mendukung teknologi GTK dan Qt UI. GUI sebenarnya disebut Ventoy2Disk dan hanya tersedia saat menggunakan alat dari tarball yang diunduh dari halaman GitHub proyek.

Tapi sekarang, dengan rilis Ventoy 1.0.54, Anda dapat menggunakan GUI Ventoy langsung dari gambar ISO langsung di virtual sistem operasi apa pun. Tentu saja, Anda selalu dapat beralih ke mode baris perintah menggunakan Ctrl+Alt+F2, tetapi secara pribadi saya merasa lebih cepat bekerja dengan GUI.

Rilis Ventoy 1.0.54 juga menambahkan dukungan untuk WinPE dengan PESET.EXE, meningkatkan dukungan untuk Trisquel GNU/Linux 10 dan NG Firewall Untangle, menambahkan dukungan untuk Porteus 5.0 RC3, dan memperbaiki beberapa bugs.

Untuk detail lebih lanjut tentang perubahan yang diterapkan dalam rilis baru, lihat halaman catatan rilis GitHub, dari mana Anda juga bisa unduh ISO langsung, binari untuk Linux dan Windows, serta sumber tarball.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: