Bagaimana Jika Anda Dapat Menyesuaikan Sepenuhnya Pengalaman Desktop Ubuntu Anda?


9to5Linux baru-baru ini diberitahu tentang sebuah proyek baru yang memungkinkan Anda menyesuaikan tampilan Desktop Ubuntu agar terlihat dan bertindak seperti yang Anda inginkan.

Ternyata seorang mahasiswa frustrasi oleh terbatasnya opsi penyesuaian yang tersedia pada rilis Linux Ubuntu terbaru, dan terinspirasi oleh pengaturan yang ditawarkan oleh vendor perangkat keras Linux System76 dalam distribusi Linux Pop!_OS mereka yang berbasis Ubuntu, membuat versi alternatif dari aplikasi pengaturan Ubuntu/GNOME dengan fitur baru.

Dia berhasil memodifikasi Pusat Kontrol GNOME dan menambahkan panel baru bernama Personalisasi, yang mencakup empat halaman baru yang memungkinkan Anda untuk mengambil kendali penuh atas Desktop Ubuntu Anda. Ini termasuk Umum, Penampilan, Dock, dan Multitasking.

Dari halaman Umum, Anda akan dapat mengaktifkan atau menonaktifkan tombol Aktivitas dan menu aplikasi dari bilah atas, mengubah posisi applet tanggal dan waktu ke kanan atau kiri sisi bilah atas, pilih ikon desktop mana yang ingin Anda lihat dan ubah ukurannya, ubah perataan ikon desktop baru, serta untuk menampilkan perangkat yang baru ditambahkan ke sisi yang berlawanan.

Selanjutnya, ini adalah halaman Penampilan, tempat Anda Anda akan dapat beralih antara tema Yaru terang dan gelap, mengubah ukuran font, serta mengaktifkan teks ramah disleksia (fitur yang terinspirasi dari OS dasar 6). untuk mengubah tata letak Dock Ubuntu sebagai Extended (default) atau Compact (seperti pada tangkapan layar di bawah), aktifkan sembunyikan otomatis, ubah perilaku klik dan gulir, ubah ukuran ikon dan posisinya di layar (kiri , kanan, atau bawah), sembunyikan ini e aplikasi tombol atau pindahkan di awal dok, pilih untuk menampilkan dok di semua tampilan atau hanya yang utama, nonaktifkan dok sepenuhnya, serta pilih untuk menampilkan atau menyembunyikan drive yang terpasang dan Tempat Sampah.

Terakhir, halaman Multitasking adalah sesuatu yang selalu Anda inginkan di Desktop Ubuntu Anda. Ini adalah panel Multitasking dari GNOME 41, di-backport ke desktop GNOME 40 yang digunakan di Ubuntu 21.10 (Impish Indri), memungkinkan Anda untuk mengaktifkan efek Hot Corner untuk membuka Ikhtisar Aktivitas, mengaktifkan atau menonaktifkan efek tepi layar aktif untuk mengubah ukuran jendela, pilih antara ruang kerja dinamis atau tetap, dan mengaktifkan berbagai opsi multi-monitor untuk ruang kerja dan aplikasi.

Di atas semua opsi penyesuaian ini, Anda juga akan mendapatkan aplikasi Tur GNOME, untuk berjaga-jaga jika Anda ingin membiasakan diri dengan banyak kemungkinan Lingkungan desktop GNOME dan untuk menginspirasi Anda untuk menyesuaikan Desktop Ubuntu Anda.

Semua ini tersedia untuk instalasi pada rilis Ubuntu 21.10 (Impish Indri), dan beberapa juga tersedia untuk Ubuntu 20.04 LTS (Focal Fossa), dari PPA bagaimana-jika dikelola oleh Muqtadir.

Bahkan, Anda bahkan tidak perlu menginstal apa pun, cukup tambahkan PPA dengan menjalankan perintah sudo add-apt-repository ppa:muqtxdir-m/what-if di aplikasi Terminal dan t maka cukup perbarui instalasi Anda dengan perintah sudo apt update && sudo apt full-upgrade. Selamat menikmati!

Terima kasih Muqtadir atas tipnya!

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: