openSUSE Leap 15.2 Mencapai Akhir Masa Pakai, Pengguna Didesak untuk Upgrade ke openSUSE Leap 15.3


Proyek openSUSE mengumumkan akhir masa pakai (EOL) rilis openSUSE Leap 15.2 mereka, mendesak pengguna untuk meningkatkan instalasi mereka ke rilis openSUSE Leap terbaru.

Dirilis pada 2 Juli 2020, openSUSE Leap 15.2 didasarkan pada SUSE Linux Enterprise (SLE ) 15 Paket Layanan (SP) 2 sumber dan didukung oleh kernel Linux 5.3. Ini memperkenalkan beberapa fitur dan peningkatan baru yang menarik, seperti Artificial Intelligence baru, Machine Learning, dan alat Deep Learning seperti Tensorflow, PyTorch, ONNX, Grafana, dan Prometheus.

Ini juga memperkenalkan kernel Linux real-time yang mengatur waktu mikroprosesor untuk memastikan efisiensi maksimum peristiwa kritis waktu, teknologi container baru seperti Kubernetes, CRI, dan Cilium, yang memastikan pengiriman dan penerapan aplikasi container yang efisien, dan peningkatan pada alat konfigurasi YaST.

Namun, openSUSE Leap 15.2 hanya didukung selama 18 bulan , yang berarti sekarang telah mencapai akhir masa pakainya, tidak lagi menerima pembaruan perangkat lunak dan keamanan mulai 4 Januari 2022. Ini berarti bahwa instalasi openSUSE Leap 15.2 yang ada akan segera menjadi rentan terhadap serangan.
“Mereka yang terus menggunakan versi EOL akan terkena kerentanan karena versi yang dihentikan ini tidak lagi menerima pembaruan keamanan dan pemeliharaan. Inilah sebabnya mengapa pengguna perlu meningkatkan ke rilis minor yang lebih baru,” demikian pengumuman tersebut.
Proyek openSUSE mendesak semua pengguna untuk meningkatkan instalasi mereka ke rilis terbaru dalam seri Leap, openSUSE Leap 15.3, yang didasarkan pada Layanan SUSE Linux Enterprise 15 Paket 3 (SP3) dan dilengkapi dengan dukungan untuk lingkungan desktop Xfce 4.16 terbaru, dukungan suara untuk Raspberry Pi 4 dan Raspberry Pi 400 SBC, dan banyak pembaruan lainnya. instruksi yang diberikan oleh Proyek openSUSE di sini atau unduh gambar instalasi openSUSE Leap 15.3 dan lakukan instalasi baru. openSUSE Leap 15.3 akan didukung hingga akhir Desember 2022.

Kredit gambar: openSUSE (diedit oleh Marius Nestor)

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: