Pengembang Linux Mint Mengumumkan Kemitraan dengan Mozilla untuk Meningkatkan Firefox di Linux Mint

Pengembang utama
Linux Mint Clement Lefebvre hari ini mengumumkan kemitraan dengan Mozilla, pembuat browser web Firefox yang populer, untuk meningkatkan Firefox di distribusi Linux Mint.

Menurut Clement Lefebvre, ini adalah kemitraan komersial atau teknis dalam upaya untuk meningkatkan browser web Firefox di Linux Mint. Firefox masih akan didistribusikan sebagai paket .deb di Linux Mint, tetapi dimulai dengan rilis Firefox 96, ia akan menerima dukungan yang lebih baik untuk sudut membulat untuk dekorasi jendelanya sendiri.

Tapi, yang paling penting adalah kenyataan bahwa konfigurasi default Firefox di Linux Mint akan berubah karena kemitraan ini untuk menyediakan pengguna dengan konfigurasi yang hampir identik dengan versi browser web yang didistribusikan oleh Mozilla.

Ini berarti bahwa halaman awal default tidak akan lagi mengarah ke https://www.linuxmint.com/start /, mesin pencari default akan diatur ulang ke mitra pencarian Mozilla seperti Google, Amazon, Bing, DuckDuckGo, Ebay, dll., dan tidak akan ada perubahan kode atau patch dari Linux Mint, Debian, atau Ubuntu yang disertakan dalam web browser.
“Firefox masih menjadi juara Open Source, masih dengan bangga mempromosikan Perangkat Lunak Gratis di luar komunitas kami dan masih menghasilkan salah satu browser terbaik dan paling terbuka yang tersedia tidak hanya untuk kami tetapi juga jutaan orang orang yang menikmatinya di sistem operasi berpemilik sebelum bermigrasi ke Linux,” kata Clement Lefebvre.
Dengan kemitraan ini, Mozilla ingin membuat browser web open-source mereka bekerja sama di semua platform yang didukung, sementara pengembang Linux Mint tidak perlu repot dengan pemeliharaan Firefox dalam distribusi berbasis Ubuntu mereka karena mereka sekarang hanya akan mengemas Mozilla versi Firefox.

Mozilla dan Linux Mint berharap untuk meningkatkan pembaruan perangkat lunak di Firefox, yang akan berintegrasi dengan Manajer Pembaruan Linux Mint untuk memungkinkan pengguna menginstal versi browser web yang lebih baru langsung dari browser itu sendiri.

Pengembang Linux Mint juga mengonfirmasi fakta bahwa Firefox di Linux Mint akan lebih cepat karena kemitraan ini, tetapi mereka memperingatkan pengguna bahwa pengaturan mesin pencari default mereka akan diatur ulang ke Google, namun DuckDuckGo akan tetap tersedia tetapi dengan URL yang berbeda. Namun, pengaturan pengguna lainnya akan dipertahankan.

Pengguna Linux Mint harus mengharapkan transisi ke vanilla Firefox terjadi dengan versi berikutnya, Firefox 96, yang akan datang minggu ini dalam seri Linux Mint 19.x dan Linux Mint 20.x, juga sebagai distribusi LMDE berbasis Debian.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: