Tampilan Pertama Beberapa Aplikasi GTK4 di GNOME 42


Anda mungkin bertanya-tanya sekarang bagaimana tampilan aplikasi GTK4 di lingkungan desktop GNOME 42 yang akan datang, jadi dalam artikel ini saya ingin menunjukkan beberapa contoh yang sudah mendarat selama versi alpha.

Untuk tampilan pertama ini, saya ingin fokus pada tiga aplikasi penting, yaitu manajer file Nautilus (File), Editor Teks GNOME (alias pengganti Gedit), dan manajer paket grafis Perangkat Lunak GNOME.

Nautilus 42, yang mungkin merupakan aplikasi terpenting di lingkungan desktop GNOME, sedang membentuk hingga menjadi salah satu pengelola file terbaik di desktop Linux. Tampilan dan nuansa GTK4 sangat modern, dan, jika Anda berasal dari GTK3, Anda akan segera melihat perbedaannya.

Tidak hanya porting ke GTK4, tetapi juga menampilkan perubahan nama file dan UI konflik file, kemampuan untuk mencari file berdasarkan waktu pembuatan, kemampuan untuk menampilkan arsip terkompresi dalam tampilan File terbaru, peningkatan desain bilah jalur, dan kemampuan untuk mengurutkan file menurut subtipe dalam type.
Nautilus (Files) 42 alpha
Di sisi lain, paket Perangkat Lunak GNOME 42 manager tidak hanya terlihat keren di port GTK4-nya, tetapi juga dilengkapi dengan antarmuka pengguna yang diperbarui, dukungan untuk lebih banyak markup dalam deskripsi aplikasi, kemajuan Pembaruan Sistem yang ditingkatkan, serta peningkatan PackageKit. Perangkat Lunak
GNOME 42 alpha
Terakhir tetapi tidak kalah pentingnya, GNOME Editor Teks 42 menjanjikan dialog properti dokumen baru yang menampilkan berbagai informasi tentang dokumen, seperti jumlah kata, karakter, dan baris, peningkatan pencarian regex dari bilah pencarian, peningkatan pemeriksaan ejaan, Vim peningkatan emulasi, pintasan keyboard baru (Ctrl+Shift+T) untuk memulihkan tab yang ditutup, peningkatan dukungan untuk file Python, dan peningkatan pewarnaan ulang untuk beberapa skema gaya.
GNOME Editor Teks 42 alpha
Penganalisis Penggunaan Disk (alias. Baobab), Karakter GNOME, Kontak GNOME, Jam GNOME, dan aplikasi Kalkulator GNOME juga dilengkapi dengan port ke GTK4 dan libadwaita selama versi alfa dari seri lingkungan desktop GNOME 42 mendatang, yang akan dirilis pada 23 Maret 2022.
Disk Usage Analyzer (Baobab) 42GNOME Calculator 42GNOME Kontak 42
Sebagian besar aplikasi GNOME sekarang mendukung preferensi gaya gelap melalui libadwaita, tetapi beberapa di antaranya masih dalam proses porting ke GTK4, yang mungkin akan terjadi dengan rilis beta GNOME 42 pada pertengahan Februari.

Saya sangat menyukai gaya datar dan modern dari aplikasi GTK4 dan saya tidak sabar menunggu aplikasi tersebut tiba di instalasi Fedora Linux 36 saya pada musim semi ini. Jika Anda menunggu Fedora Linux 36 juga, Anda harus tahu bahwa itu akan dirilis pada akhir April 2022, jika tidak, Anda selalu dapat mencoba openSUSE Tumbleweed Krypton builds.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: