Ubuntu 22.04 LTS Menjanjikan Peningkatan Kinerja untuk Semua Perangkat Raspberry Pi 4


Canonical tidak menyerah pada Desktop Ubuntu untuk perangkat Raspberry Pi, dan mereka berjanji untuk memberikan peningkatan kinerja kepada semua orang dengan rilis besar berikutnya dari distribusi GNU/Linux yang populer, Ubuntu 22.04 LTS.

Ubuntu Desktop di Raspberry Pi tiba secara resmi dengan Ubuntu 20.10 (Groovy Gorilla), tetapi hanya direkomendasikan untuk model Raspberry Pi 4 dengan RAM 4GB atau 8GB, Raspberry Pi 400, serta Raspberry Pi CM4 (Modul Hitung 4).

Nah, itu akan berubah karena Canonical ingin membuat Desktop Ubuntu bekerja dengan lancar pada model Raspberry Pi 4 dengan RAM 2GB, dan rahasia peningkatan kinerja ini adalah dengan mengaktifkan fitur zswap di kernel Linux.

Bagi yang belum tahu, zswap adalah fitur kernel Linux yang menyediakan fitur kompresi Cache RAM untuk halaman swap. Saat diaktifkan, zswap mengompres proses yang dipindahkan ke file swap. Anggap saja sebagai cache write-back untuk halaman yang ditukar.
“Jauh lebih cepat untuk mendekompres halaman ‘zswapped’ daripada mengakses file swap jadi ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak uang dari sistem dengan jumlah RAM yang lebih kecil,” jelas Canonical dalam posting blog baru-baru ini.
Zswap akan diaktifkan secara default dalam rilis Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish) mendatang, yang akan keluar pada 21 April 2022, yang berarti peningkatan kinerja untuk Raspberry Pi 4 model dengan RAM 4GB dan 8GB, tetapi itu tidak cukup untuk menjalankan Desktop Ubuntu dengan lancar pada varian 2GB.

Oleh karena itu, Canonical berencana untuk menerapkan dua peningkatan tambahan, yaitu mengaktifkan pengalokasi z3fold untuk menyimpan halaman terkompresi, serta untuk beralih ke lz4 algoritma kompresi untuk keseimbangan yang lebih baik antara kecepatan dan kompresi.

Kabar baiknya adalah Anda bahkan tidak perlu menunggu Ubuntu 22.04 LTS keluar, karena Anda dapat mengaktifkan peningkatan kinerja ini sekarang di Ubuntu 21.10 (Impish Indri ) melepaskan. Untuk mengaktifkan zswap, Anda hanya perlu menjalankan perintah di bawah ini di Terminal app.
sudo sed -i -e ‘s/$/ zswap.enabled=1/’ /boot/firmware/cmdline.txt
Jika Anda memiliki komputer Raspberry Pi 4 dengan RAM 2GB, Anda juga harus mengaktifkan z3fold dan lz4. Untuk melakukan itu, Anda harus menjalankan beberapa perintah, yang tercantum di bawah ini untuk kenyamanan Anda.
sudo -i
echo lz4 >> /etc/initramfs-tools/modules
echo z3fold >> /etc/initramfs-tools/modules
update-initramfs -u
keluar
sudo sed -i -e ‘s/$/ zswap.compressor=lz4/’ /boot/firmware/cmdline.txt
sudo sed -i -e ‘s/$/ zswap.zpool=z3fold/’ /boot/firmware/cmdline.txt
Saya hanya memiliki model Raspberry Pi 4 dengan RAM 8GB, yang sudah menjalankan Desktop Ubuntu dengan lancar, jadi peningkatan kinerja ini nyaris tidak diperhatikan. Namun, mereka lebih dari diterima, dan, dalam kombinasi dengan pengaturan lebih banyak RAM ke GPU Raspberry Pi melalui utilitas raspi-config dan kartu microSD atau SSD yang cepat, Ubuntu akan menjadi driver harian Anda di komputer kecil.

Jika Anda mencoba peningkatan kinerja ini, terutama pada Raspberry Pi 4 dengan RAM 2GB, memberikan umpan balik Canonical apakah mereka membuat pengalaman Desktop Ubuntu Anda lebih lancar atau tidak.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: