Aliansi Bytecode Mempersiapkan Wasmtime 1.0 Dirilis Akhir Bulan Ini

  • Post author:
  • Post category:Linux

Dibentuk pada tahun 2019 oleh Intel, Mozilla, dan Red Hat adalah Bytecode Alliance untuk mempromosikan menjalankan WebAssembly (WASM) di mana saja. Sebagai bagian dari inisiatif Aliansi Bytecode, mereka telah mengembangkan Wasmtime sebagai run-time WebAssembly dan akhir bulan ini mereka berencana untuk membaptis versi 1.0.
Wasmtime digambarkan sendiri sebagai “runtime yang cepat dan aman untuk WebAssembly” yang open-source, dibangun di atas generator kode Cranelift, memanfaatkan bahasa pemrograman Rust, dan sesuai dengan standar WASI. Wasmtime juga dapat diintegrasikan dengan bahasa pemrograman dari Rust hingga C/C++, Python, .NET, Go, dan lain-lain. Wasmtime secara resmi didukung di seluruh sistem Linux, Windows, dan macOS. Mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang proyek itu sendiri dapat mengunjungi Wasmtime.dev.

The Bytecode Alliance sedang bersiap untuk merilis Wasmtime 1.0 secara resmi pada 20 September. Sebelum pencapaian v1.0 tersebut, ada dorongan untuk memaksimalkan potensi kinerja runtime WebAssembly ini. Aliansi Bytecode diringkas dalam posting blog baru:
Posting ini telah menjadi tur angin puyuh dari banyak cara kami telah mengoptimalkan Wasmtime dan Cranelift untuk berkinerja lebih baik di masing-masing dari empat kuadran: kecepatan kompiler Wasm, kecepatan kode Wasm yang dikompilasi, kecepatan inisialisasi runtime, dan kecepatan runtime steady-state. Performa tinggi adalah aspek penting dari perangkat lunak apa pun yang ingin menjadi bagian dari fondasi untuk membangun sistem yang efisien dan tahan lama. Jika WebAssembly ingin berhasil, diperlukan alat yang menjalankannya secepat mungkin, sehingga dapat bersaing dengan kode asli. Kami terus bekerja untuk mencapai tujuan ini. Mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang upaya optimalisasi kinerja Wasmtime 1.0 Bytecode Alliance dapat membaca posting mereka secara lengkap di BytecodeAlliance.org.

Itulah berita seputar Aliansi Bytecode Mempersiapkan Wasmtime 1.0 Dirilis Akhir Bulan Ini, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.