AlmaLinux 9 Resmi Dirilis, Berdasarkan Red Hat Enterprise Linux 9


AlmaLinux OS Foundation hari ini mengumumkan bahwa AlmaLinux 9 sekarang tersedia untuk diunduh sebagai versi terbaru dari alternatif CentOS populer ini yang berasal dari kode sumber Red Hat Enterprise Linux. Sistem operasi Red Hat Enterprise Linux 9, AlmaLinux 9 hadir sebagai rilis pertama AlmaLinux yang berasal dari CentOS Stream melalui RHEL.

AlmaLinux 9 memperkenalkan fungsionalitas baru yang membuatnya lebih mudah untuk diotomatisasi dan diterapkan dalam skala besar, peningkatan jaringan untuk cloud dan edge melalui penambahan lebih banyak metrik kinerja di Web Cockpit, akses ke informasi untuk mengidentifikasi kemacetan, kemampuan untuk menerapkan patch langsung kernel di dalam Web Cockpit, ekspor data yang lebih mudah ke analitik data dan alat pelaporan seperti Grafana, serta kemampuan untuk membangun gambar melalui satu build node.

Rilis ini juga menjadikan AlmaLinux sistem operasi yang lebih aman melalui e kelas yang lebih tinggi ncryption dan peningkatan kecepatan SELinux, bersama dengan kemampuan untuk menggunakan otentikasi Smart Card untuk mengakses host jarak jauh, profil keamanan tambahan untuk membantu mencapai kepatuhan dengan standar seperti PCI-DSS dan HIPAA, lebih banyak detail logging dari SSSD, dukungan OpenSSL 3, dan penonaktifan SSH login kata sandi root secara default.

Untuk pengembang aplikasi, AlmaLinux 9 menghadirkan beberapa teknologi GNU/Linux terbaru dan terhebat, termasuk GCC 11 sebagai kompiler sistem default, Python 3.9 dengan dukungan zona waktu yang tepat, pembaruan kamus, parser berkinerja tinggi baru, operator gabungan, dan fungsi string baru, serta GNU C Library 2.34, dan versi terbaru dari compiler LLVM, Rust, dan Go.

Anda dapat mengunduh AlmaLinux 9 sekarang juga dari situs web resmi sebagai gambar ISO untuk 64-bit ( x86_64), arsitektur AArch64 (ARM64), PowerPC 64-bit Little Endian (ppc64le), dan IBM System z (s390x). Gambar Basis Universal AlmaLinux juga tersedia sebagai standar, mikro, minimal, dan rasa init dengan mesin kontainer Podman yang diperbarui dan cgroup2 secara default. Live ISO juga tersedia di sini dengan desktop GNOME, KDE Plasma atau Xfce.

Selain itu, mereka yang ingin bermigrasi dari CentOS Linux atau Red Hat Enterprise Linux ke AlmaLinux dapat menggunakan Proyek Elevate, inisiatif sumber terbuka yang dirancang untuk membantu pengguna dalam melakukan migrasi antara berbagai distribusi berbasis Red Hat Enterprise Linux. Detail lebih lanjut dapat ditemukan di sini.

Kredit gambar: AlmaLinux OS Foundation

Sumber: Google, 9to5linux.com