AlmaLinux OS 8.5 Dirilis dengan Repositori Baru dan Profil SCAP, Komponen yang Diperbarui


Mengikuti rilis sistem operasi Red Hat Enterprise Linux 8.5, AlmaLinux OS 8.5 sekarang secara resmi dan umum tersedia untuk diunduh.

AlmaLinux OS 8.5 dibangun berdasarkan perubahan yang diterapkan Red Hat dalam rilis Red Hat Enterprise Linux 8.5 mereka, dan juga menambahkan dua repositori baru, termasuk ResilientStorage dan Plus, serta profil Panduan Keamanan OpenSCAP baru, termasuk profil baru yang selaras dengan Manual Keamanan Informasi Pusat Keamanan Cyber ​​Australia (ACSC ISM), profil STIG baru yang kompatibel dengan server dengan instalasi GUI, dan yang baru Profil tingkat tinggi Badan Keamanan Nasional Prancis (ANSSI).

Selain itu, profil AlmaLinux Center for Internet Security (CIS) telah ditata ulang menjadi empat profil berbeda, termasuk Workstation Level 1, Workstation Level 2, Server Level 1, dan Server Level 2, dan profil keamanan Panduan Implementasi Teknis Keamanan (STIG) telah diperbarui ke versi V1R3.

Diantaranya perubahan, AlmaLinux OS sekarang akan secara otomatis memilih cermin terdekat ketika menginstal sistem operasi dalam mode instalasi jaringan.

Tentu saja, di bawah tenda Anda akan menemukan banyak komponen yang diperbarui, termasuk GCC 11, LLVM 12.0.1, Rust 1.54.0 , Go 1.16.7, PHP 7.4.19, Ruby 3.0, Node.js 16, Squid 4.15, Mutt 2.0.7, dan nginx 1.20.

Di atas semua perubahan ini, Anda juga akan menemukan banyak peningkatan dan fitur baru untuk aplikasi kemas, peran sistem baru, dukungan Network Time Security (NTS) untuk NTP, dukungan untuk OpenJDK 17, konsol web Cockpit yang disempurnakan, dan perubahan lain dari Red Hat Enterprise Linux 8.5.

“Saat CentOS Linux berakhir tahun ini , kami bertujuan untuk memberikan tingkat kualitas, ketahanan, dan ketepatan waktu yang sama seperti yang diharapkan pengguna akhir dari penerus CentOS untuk memberikan alternatif Linux kelas perusahaan yang gratis dan andal,” kata Jack Aboutboul, manajer komunitas untuk AlmaLinux.

Anda dapat mengunduh AlmaLinux OS 8.5 sekarang dari kantor situs resmi untuk sistem 64-bit (x86_64) dan ARM64 (AArch64), termasuk komputer Raspberry Pi. Varian Lengkap, Minimal dan Boot tersedia untuk diunduh, tetapi pengguna yang sudah ada dapat mengikuti petunjuk peningkatan dalam catatan rilis untuk memperbarui instalasi mereka dari AlmaLinux OS 8.4 ke 8.5.

Karena AlmaLinux OS bertujuan untuk menjadi pengganti drop-in siap produksi untuk Distribusi CentOS Linux, proyek Elevate AlmaLinux menyederhanakan migrasi antara versi utama distribusi berbasis Red Hat Enterprise Linux dari seri 7.x ke 8.x, seperti CentOS 7.x ke distribusi 8.x pilihan Anda.
Downoad AlmaLinux OS 8.5
Kredit gambar: AlmaLinux (diedit oleh Marius Nestor)

Sumber: Google, 9to5linux.com