Alpine Linux 3.16 Meningkatkan Dukungan NVMe, Menambahkan GNOME 42 dan KDE Plasma 5.24 LTS


Alpine Linux 3.16 telah dirilis hari ini sebagai seri stabil terbaru dari distribusi GNU/Linux berorientasi keamanan dan ringan yang dirancang untuk menjadi kecil, sederhana, dan aman.

Hadir enam bulan setelah Alpine Linux 3.15 dan didukung oleh kernel Linux 5.15 LTS, Alpine Linux 3.16 hadir untuk menawarkan kepada pengguna skrip pengaturan yang jauh lebih baik yang sekarang mendukung perangkat NVMe dengan lebih baik, memungkinkan Anda untuk menambahkan kunci SSH (Secure Shell) dan membuat pengguna administrator, serta memperkenalkan skrip pengaturan-desktop baru untuk mempermudah instal lingkungan desktop favorit Anda.

Berbicara tentang lingkungan desktop, Alpine Linux 3.16 sekarang hadir dengan dukungan untuk desktop GNOME 42 dan KDE Plasma 5.24 LTS terbaru dan terbaik, yang terakhir disertai dengan suite perangkat lunak KDE Gear 22.04 dan Plasma Mobile Gear 22.04.

An Perubahan penting dalam rilis ini adalah fakta bahwa sudo telah dipindahkan ke repositori komunitas, yang berarti bahwa pengguna hanya akan mendapatkan pembaruan keamanan untuk stabl terbaru e cabang di masa depan. Pengembang Alpine Linux merekomendasikan paket doas atau doas-sudo-shim sebagai pengganti drop-in untuk sudo.

Seperti yang diharapkan, rilis baru Alpine Linux dikirimkan dengan beberapa teknologi GNU/Linux terbaru. Ini termasuk Go 1.18, LLVM 13, Node.js 18.2, OpenRC 0.44.10, Podman 4.0, Python 3.10, PHP 8.1, Ruby 3.1, Rust 1.60, R 4.2, dan Xen 4.16. Pengembang mencatat fakta bahwa cabang PHP 7 dan Python 2 telah dihapus dari rilis ini.

Jika Anda mencari distribusi berorientasi keamanan berdasarkan BusyBox dan musl, Anda dapat mengunduh Alpine Linux 3.16 sekarang juga dari situs resminya. Gambar penginstalan disediakan dalam rasa Standard, Extended, Netboot, Raspberry Pi, Generic ARM, dan Mini Root Filesystem untuk arsitektur 64-bit, 32-bit, AArch64, ARMv7, ARMhf, ppc64le, dan s390x.

Pengguna Alpine Linux yang ada dapat meningkatkan ke versi 3.16 dengan menjalankan perintah apk upgrade –available. Saat memutakhirkan, penting untuk menyadari fakta bahwa shadow-login dan util-linux-login sekarang disediakan oleh paket login-utils dalam rilis ini, dan bahwa plugin NetworkManager dipindahkan ke subpaket dan tidak lagi diinstal secara default. Detail lebih lanjut tersedia di catatan rilis.

Sumber: Google, 9to5linux.com