AMD 4th Gen EPYC “Genoa” Untuk Menikmati Kinerja Sedikit Lebih Baik Dengan Linux 6.3

  • Post author:
  • Post category:Linux

Diharapkan untuk dikuadratkan pada waktunya untuk siklus kernel Linux 6.3, yang dimulai pada bulan Februari, adalah IBRS Otomatis sebagai fitur baru prosesor Zen 4. Tambalan sudah diantrekan ke cabang x86/cpu TIP, jadi jika tidak ada masalah, semuanya akan disambungkan untuk versi kernel berikutnya. IBRS otomatis dapat memberikan kinerja yang lebih baik daripada implementasi Retpolines yang digunakan saat ini pada Zen 4 dan CPU sebelumnya sebagai bagian dari mitigasi Spectre V2. Dengan beralih ke IBRS Otomatis untuk Zen 4, itu berarti kinerja yang lebih baik di beberapa area seperti yang ditunjukkan oleh tolok ukur ini hari ini dengan prosesor AMD 4th Gen EPYC “Genoa”. Minggu lalu saya menjalankan beberapa tolok ukur awal AMD Automatic IBRS pada AMD Ryzen 9 7950X sementara artikel hari ini memiliki lebih banyak tolok ukur dan melihat kinerja di berbagai beban kerja server Linux yang lebih luas. Sebagaimana diuraikan dalam artikel Phoronix sebelumnya, fitur IBRS Otomatis baru untuk prosesor Zen 4 – di seluruh jajaran CPU klien dan server. AMD Automatic IBRS mirip dengan Intel Enhanced IBRS (Indirect branch Restricted Speculation) yang telah ada selama beberapa generasi.

AMD telah memposting tambalan Linux yang diperlukan untuk mengaktifkan IBRS Otomatis dan menghindari Retpolines generik secara default sejak November lalu sementara hal-hal akhirnya dikancingkan untuk melihat IBRS Otomatis diaktifkan secara default di Linux 6.3 untuk Zen 4 dan yang lebih baru. Ini daripada menggunakan Retpolines dengan Zen 4 seperti yang digunakan saat ini untuk menangkis Spectre Variant Two. Sangat disayangkan bahwa dukungan IBRS Otomatis ini belum dialirkan ke kernel Linux menjelang peluncuran terutama dengan tambalan yang tidak terlalu invasif dan sebagian besar mengikuti aliran yang dibuat oleh Intel eIBRS, tetapi setidaknya sedang dalam proses sekarang.

Untuk mengukur manfaat IBRS Otomatis pada AMD 4th Gen EPYC “Genoa”, saya menggunakan konfigurasi prosesor server unggulan AMD EPYC 9654 ganda pada server referensi AMD Titanite. Saya membandingkan kinerja status Linux 6.2 Git saat ini dengan pembangunan kembali cabang tip/tip.git x86/cpu dengan tambalan IBRS Otomatis yang ada dan mempertahankan konfigurasi kernel yang sama. Ini adalah satu-satunya perubahan yang dilakukan selama pengujian untuk melihat dampak dari kode kernel yang akan datang ini untuk menyediakan IBRS Otomatis yang siap pakai pada platform seri AMD EPYC 9004 (dan Ryzen 7000). Semua mitigasi keamanan lainnya berada di default masing-masing.

Itulah berita seputar AMD 4th Gen EPYC “Genoa” Untuk Menikmati Kinerja Sedikit Lebih Baik Dengan Linux 6.3, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.