AMD Bekerja untuk Membuat Platform Yocto Linux Baru Untuk Xilinx SoCs

Setelah AMD menyelesaikan akuisisi Xilinx pada bulan Februari, AMD sekarang bersiap untuk meningkatkan investasi mereka ke dalam Linux tertanam. AMD sedang merekrut untuk “pembuatan dan pemeliharaan” platform Linux Tertanam berbasis Yocto untuk berjalan di Xilinx SoCs. Sementara selama tahun lalu AMD telah mempekerjakan lebih banyak insinyur Linux terutama untuk server dan bahkan komputasi CPU klien, setelah akuisisi Xilinx mereka juga mengarahkan pandangan mereka pada Linux tertanam. Kemarin adalah pertama kalinya saya melihat AMD merekrut talenta Linux tertanam dengan fokus pada perangkat keras bermerek Xilinx saat ini. Yang paling menarik adalah perekrutan mereka sebagai “Senior Embedded Linux Software Engineer.” Posisi baru ini akan menjadi “titik kontak teknis utama untuk sistem Linux tertanam” dan “Pemimpin teknis untuk: Pembuatan dan pemeliharaan platform Linux Tertanam berbasis Yocto yang berjalan pada solusi SoC Xilinx.”

Lihat lowongan pekerjaan jika Anda seorang ahli Linux tertanam dan berpotensi tertarik dengannya atau pekerjaan AMD Linux lainnya. Akan menarik untuk melihat apa yang datang dari dorongan Linux tertanam baru ini untuk AMD/Xilinx. Sudah ada dukungan OpenEmbedded dan Yocto untuk berbagai produk Xilinx dan papan pengembang. Lihat halaman Wiki ini untuk beberapa detail dukungan Yocto saat ini tentang perangkat keras Xilinx. Yocto sebagai penyegar adalah proyek yang didukung Linux Foundation yang menyediakan tumpukan untuk membuat distribusi Linux IoT/embedded. Yocto telah berlangsung selama lebih dari satu dekade dan memimpin di ruang Linux tertanam dan didukung oleh vendor seperti Arm dan Intel. Kembali ke lingkaran penuh, AMD awalnya bergabung dengan Proyek Yocto pada tahun 2014. Saat itu mereka bergabung dan menjadi anggota dewan penasihat tetapi tidak banyak yang berhasil dengan perangkat keras mereka pada saat itu tidak begitu menarik dan perusahaan di bawah tekanan keuangan (yang juga merupakan periode waktu setelah AMD bergabung dengan proyek MeeGo yang telah dihentikan). Sekarang situasinya sangat berbeda dengan Ryzen Embedded dan juga portofolio Xilinx. Halaman anggota Yocto menempatkan AMD sebagai anggota perak sementara Xilinx dengan orang-orang seperti Arm, Intel, Cisco, Microsoft, dan lainnya sebagai tingkat anggota platinum unggulan. Lingkaran penuh dekade lainnya adalah perekrutan Linux yang disematkan ini untuk Dresden, Jerman. AMD belum mempertahankan jejak yang signifikan di Dresden sejak mereka keluar dari bisnis luar biasa. Namun, Xilinx memang memiliki kantor di Dresden. Apa yang ironis adalah kembali pada hari-hari yang menyenangkan dari Fab 36 AMD di Dresden, sejak Pusat Penelitian Sistem Operasi (OSRC) AMD yang tertutup berbasis di sana dengan kumpulan pengembang open-source/Linux yang luar biasa pada saat itu. Sudah sepuluh tahun sejak AMD OSRC ditutup dengan sedih dan sekitar dua lusin insinyur Linux melepaskannya, tetapi setidaknya mereka sekarang kembali meningkatkan upaya Linux mereka. Sangat menarik untuk memikirkan betapa lebih baik posisi mereka untuk penggunaan Linux yang dominan saat ini di server dan cloud hingga IoT dan komputasi tepi jika OSRC tidak pernah dibubarkan selama kesulitan keuangan mereka. menarik untuk melihat bagaimana platform AMD/Xilinx Yocto Linux yang baru dimainkan. AMD juga sedang mengerjakan integrasi perangkat lunak menarik lainnya yang mungkin dimainkan di sini seperti pekerjaan mereka yang sedang berlangsung membawa Radeon ROCm ke perangkat keras Xilinx.

Itulah berita seputar AMD Bekerja untuk Membuat Platform Yocto Linux Baru Untuk Xilinx SoCs, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.