AMD GPUOpen Bekerja Pada Proyek Open-Source “gpurt” Baru

  • Post author:
  • Post category:Linux

Tim GPUOpen AMD secara diam-diam menyiapkan repositori GitHub baru untuk “gpurt”, mungkin merupakan upaya perangkat lunak terkait penelusuran sinar baru.
Seorang pembaca Phoronix menunjukkan bahwa AMD telah menyiapkan GPUOpen-Drivers/gpurt sebagai proyek GitHub baru dalam seminggu terakhir. Pada saat penulisan, satu-satunya komit ke repositori publik ini adalah file LICENSE yang mencatat bahwa ini adalah lisensi MIT — tidak mengejutkan dan cukup standar di antara sebagian besar proyek open-source AMD.

Salah satu pemikiran langsung adalah bahwa kemungkinan AMD akhirnya menyediakan dukungan penelusuran sinar Vulkan sumber terbuka. Sementara driver Vulkan milik AMD di Windows dan Linux dengan paket Perangkat Lunak Radeon mendukung ekstensi ray-tracing Vulkan, itu tidak terjadi dengan driver “AMDVLK” open-source mereka yang dihosting di bawah payung GPUOpen-Drivers. Tetapi memasukkan ekstensi penelusuran sinar Vulkan ke AMDVLK harus memerlukan perubahan hanya pada repositori driver AMDVLK yang ada dan kompiler “LLPC” berbasis LLVM mereka. (Secara terpisah dan di luar AMD, driver Vulkan Mesa “RADV” sudah mengekspos dukungan ray-tracing Vulkan juga.) Atau gpurt mungkin semacam perpustakaan pembantu terkait ray-tracing baru.
RT dalam komputasi juga dapat merujuk ke “waktu nyata”, tetapi tampaknya lebih kecil kemungkinannya sehingga GPUOpen lebih fokus pada pengembang game dan kasus penggunaan lainnya dengan RT dalam konteks grafis akhir-akhir ini umumnya tentang ray-tracing. Bagaimanapun, kita harus segera mencari tahu apa yang akan dilakukan AMD untuk proyek “gpurt” ini.

Itulah berita seputar AMD GPUOpen Bekerja Pada Proyek Open-Source “gpurt” Baru, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.