AMD Luncurkan Prosesor EPYC 9004 “Genoa” – Hingga 96 Core, AVX-512, Performa Luar Biasa

  • Post author:
  • Post category:Linux

Menyusul keberhasilan peluncuran prosesor desktop AMD Ryzen 7000 series “Zen 4” pada bulan September, hari ini AMD mencabut embargo pada prosesor server “Genoa” seri EPYC 9004 mereka. EPYC Genoa membawa prosesor server AMD ke soket SP5 baru, hingga 96 core / 192 utas per soket, AVX-512 dengan Zen 4, dua belas saluran memori sistem DDR5, dan banyak lagi — semuanya digabungkan, menempatkan AMD dan industri di tingkat baru kinerja HPC. Saya telah membandingkan prosesor AMD EPYC Genoa beberapa minggu terakhir untuk kesuksesan yang luar biasa. Artikel ini membahas lebih lanjut tentang set fitur dan platform untuk Genoa sementara secara terpisah adalah tinjauan dan benchmark AMD EPYC 9554 / EPYC 9654 Linux awal saya.

Selain Zen 4 membawa AVX-512, mikroarsitektur Zen yang diperbarui juga menyediakan cache operasi yang lebih besar, file register yang lebih besar, cache L2 yang lebih besar, dan banyak lagi. Seperti pada sisi desktop Ryzen 70000, AVX-512 dengan Genoa diimplementasikan menggunakan jalur data 256-bit dengan pendekatan “pemompaan ganda” yang telah terbukti sangat efisien dan dalam kondisi yang baik. Seperti yang telah saya tunjukkan di benchmark desktop AVX-512 Zen 4, implementasi ini berhasil dengan sangat baik dan dari pengujian yang saya lakukan di Genoa secara lokal, kemenangan AVX-512 sama-sama menarik di sisi server — dan juga lebih berdampak mengingat jumlah basis kode yang lebih besar dengan dukungan AVX-512 di sisi server/HPC.

Di berbagai 33 beban kerja server, AMD melaporkan peningkatan sekitar 14% pada frekuensi tetap dan konfigurasi CCD 8+1 dibandingkan prosesor Milan generasi sebelumnya . Sebagian besar peningkatan itu dikaitkan dengan peningkatan di front-end bersama dengan peningkatan beban/penyimpanan, prediksi cabang yang ditingkatkan, mesin eksekusi yang disempurnakan, dan cache L2 yang lebih besar. AMD EPYC Genoa menggunakan chiplet 5nm dan kemudian proses 6nm untuk die I/O.

Dukungan instruksi untuk Genoa sama dengan CPU desktop seri AMD Ryzen 7000, termasuk BFloat16 dan Vector Neural Network Instructions (VNNI) di tambahan untuk AVX-512 standar. Genoa juga menambahkan dukungan untuk tabel halaman 5 tingkat, reservasi rentang cache L3, kualitas layanan untuk memori kelas penyimpanan, X2AVIC, perlindungan SMT untuk VM tamu, Enkripsi Memori Aman sekarang mendukung AES-256-XTS, dan IBRS Otomatis sebagai peningkatan pada sisi eksekusi spekulatif.

Dengan prosesor AMD EPYC Milan(X) dan Roma generasi sebelumnya, terdapat dukungan untuk delapan saluran memori di DDR4-3200. Sekarang dengan EPYC Generasi ke-4 yang memiliki hingga dua belas saluran memori dan dukungan DDR5-4800. Dua belas saluran memori per soket DDR5-4800 adalah berita bagus bagi mereka yang memiliki beban kerja server intensif bandwidth memori sementara masih ada kemampuan untuk berjalan di 2, 4, 6, 8, atau bahkan 10 saluran memori.

Juga menarik dengan AMD EPYC Genoa adalah dukungan untuk Compute Express Link (CXL) 1.1. AMD mempromosikan ini sebagai CXL 1.1+ karena menyertakan fitur-fitur dari CXL 2.0 di sekitar dukungan memori Tipe-3 untuk ekspansi memori sistem.

Itulah berita seputar AMD Luncurkan Prosesor EPYC 9004 “Genoa” – Hingga 96 Core, AVX-512, Performa Luar Biasa, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.