AMD Membuat Lebih Banyak Persiapan Driver GPU RDNA3 Untuk Linux 5.20

  • Post author:
  • Post category:Linux

AMD hari ini mengirimkan “hal-hal baru” mengenai grafis kernel AMDGPU dan AMDKFD dan driver komputasi mereka ke DRM-Next sebagai persiapan untuk siklus Linux 5.20 yang akan dimulai dalam beberapa minggu.
Sederhananya, pull request ini berisi banyak pekerjaan pengaktifan lanjutan untuk GPU generasi berikutnya — baik komponen konsumen RDNA3 dan akselerator berbasis CDNA Instinct baru mereka yang akan datang. Namun seperti yang dicatat selama beberapa bulan, alih-alih seri tambalan besar yang ditandai dengan nama kode yang penuh warna dan mencurigakan, pendekatan mereka bergerak maju memungkinkan dukungan GPU baru berdasarkan IP blok demi blok. Permintaan tarik hari ini menyebutkan banyak versi baru untuk DCN. MMHUB, SMU, VCN, dan blok kekayaan intelektual lainnya yang membentuk GPU generasi berikutnya. Tetapi karena pendekatan inkremental ini, sulit untuk mengatakan di mana tepatnya tahap dukungan berada terutama di sekitar GPU RDNA3 mereka yang akan datang… Semoga Linux 5.20 akan “cukup baik” untuk dukungan “seri Radeon RX 7000” dasar, tetapi belum ada konfirmasi resmi.
Jendela penggabungan Linux 5.20 akan dimulai sekitar akhir Juli sementara rilis stabil akan terjadi sekitar akhir September. Berdasarkan rumor peluncuran RDNA3, Linux 5.20 kemungkinan akan menjadi versi kernel stabil terbaru ketika kartu grafis RDNA3 mulai dikirimkan. Jadi jika AMD berharap untuk hari yang sama, dukungan driver Linux upstream mudah-mudahan semua bit yang diperlukan akan membuatnya untuk Linux 5.20. Demikian pula, Mesa 22.2 akan menjadi target untuk dukungan RDNA3 pada hari yang sama… Jika tidak, bergantung pada Git/komponen yang tidak stabil atau menggunakan paket driver Radeon Software Linux AMD pada distribusi Linux perusahaan yang didukung.
Ringkasan AMD pull request hari ini ke DRM-Next.

Selain memungkinkan sejumlah blok baru, perubahan AMD DRM-Next hari ini mencakup berbagai macam perbaikan, dukungan devcoredump awal, memungkinkan antrian grafis prioritas tinggi untuk GPU yang mendukung itu, peningkatan pengaturan ulang GPU, dukungan manajemen daya ASPM untuk lebih banyak GPU, dan berbagai macam perubahan lainnya. Perbaikan berkisar dari masalah tampilan eDP hingga masalah USB-C yang ditujukan ke perubahan acak lainnya di seluruh papan.
Di sisi driver komputasi AMDKFD ada ioctl baru untuk melaporkan memori GPU yang tersedia serta memiliki dukungan profiler HMM (Heterogeneous Memory Management).
Daftar perubahan AMDGPU/AMDKFD yang dikirim hari ini ke DRM-Next dapat ditemukan melalui permintaan tarik ini. Mungkin saja fitur AMDGPU menarik lainnya masih dikirim untuk jendela penggabungan Linux 5.20 yang akan datang.

Itulah berita seputar AMD Membuat Lebih Banyak Persiapan Driver GPU RDNA3 Untuk Linux 5.20, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.