AMD Memperbarui Patch Linux Untuk Menurunkan Latensi Keluar Idle

Bulan lalu seorang insinyur AMD mulai memposting patch kernel Linux sehingga kernel lebih memilih instruksi MWAIT daripada HALT untuk menurunkan latensi keluar idle CPU. Memilih MWAIT daripada HALT telah menjadi sesuatu yang disukai CPU Intel di Linux untuk kembali ke Core 2 hari dan memang dengan CPU AMD modern ada keuntungan signifikan untuk menurunkan latensi keluar dalam melakukannya untuk kode idle. Pagi ini iterasi terbaru dari pekerjaan telah diposting. Versi terbaru dari seri patch Linux sehingga CPU AMD lebih memilih penggunaan MWAIT daripada HALT (instruksi HLT) dikirim hari ini oleh Wyes Karny dari AMD. Instruksi MWAIT lebih efisien daripada HLT dan perubahan kode ini akan memanfaatkannya pada sistem yang tidak memiliki dukungan driver idle CPU — seperti ketika status-C global dinonaktifkan oleh BIOS sistem atau pembuatan kernel tanpa mengaktifkan CPU idle. Optimalisasi ini dilakukan dengan mempertimbangkan pelanggan komputasi kinerja tinggi (HPC) AMD di mana mereka sering menonaktifkan status C global secara sengaja. AMD tidak mengandalkan MWAIT dalam konfigurasi ini karena keluarga sebelum Keluarga 10h / K10 belum mendukung instruksi sementara K10 ke CPU Bulldozer telah mendukung MWAIT tetapi tidak MWAIT C1. Ini pada dasarnya dengan Zen 1 dan yang lebih baru di mana menggunakan MWAIT jelas merupakan pilihan yang lebih baik daripada HALT. Instruksi Monitor Wait “MWAIT” memberi petunjuk agar prosesor menghentikan eksekusi instruksi dan dapat memasuki kondisi optimal. Kernel Linux menggunakan MWAIT/HLT sebagai bagian dari loop idle-nya.

Dengan nomor AMD sendiri pada Zen 3, mereka telah menemukan dengan seri patch ini dari HLT ke MWAIT meningkatkan latensi keluar sebesar 21,74% untuk satu pengujian atau dalam pengujian lain kinerja peralihan konteks, pengurangan latensi bangun terjaring 45% peningkatan. AMD telah mengkonfirmasi manfaat yang sama dengan CPU Zen yang lebih lama juga. Lihat seri tambalan ini jika tertarik lebih detail. Mudah-mudahan pekerjaan ini akan berhasil mendapatkan kancing tepat waktu untuk siklus kernel v5.19.

Itulah berita seputar AMD Memperbarui Patch Linux Untuk Menurunkan Latensi Keluar Idle, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.