AMD Memposting Kode Driver Audio Linux Baru Untuk Raphael

  • Post author:
  • Post category:Linux

AMD hari ini memposting kode driver Linux open-source baru untuk mengaktifkan audio co-processor (ACP) dengan platform Raphael yang akan datang dengan prosesor seri Ryzen 7000.
Kabar baiknya adalah AMD menerbitkan dukungan ACP, tetapi kabar buruknya adalah ini datang agak terlambat… Prosesor desktop AMD Ryzen 7000 “Raphael” semakin dekat untuk dirilis. Dukungan Linux tampaknya datang bersama-sama dengan baik untuk prosesor Zen 4 ini selama rilis kernel baru-baru ini. Sekarang ternyata kode driver audio ACP baru ini diperlukan bagi mereka yang mengandalkan audio ACP terintegrasi dengan chip yang akan datang ini.
Dengan peluncuran seri Ryzen 7000 yang semakin dekat, baru saja awal minggu ini AMD mulai menggoda lebih banyak AM5 dengan bidikan resmi ini.

Dalam rentang 5 patch hari ini, file header baru dan patch lain untuk mendapatkan driver AMD SoC ACP Linux ke dalam bentuk untuk platform Raphael “RPL”. Tetapi karena waktu ini, jendela penggabungan Linux 5.20 dibuka hanya dalam waktu satu minggu dan tidak segera jelas apakah kode Raphael ini dapat diteruskan ke suara-berikutnya. Jika tidak, jika jendela penggabungan Linux 5.20 hilang, itu tidak akan digabungkan hingga Linux 6.0 di akhir tahun, tentu saja melewati jendela peluncuran Raphael.

Waktu dukungan audio Raphael ACP ini sayangnya terlambat dan dengan waktu kernel mungkin berarti tidak ada dukungan audio ACP yang siap digunakan saat peluncuran, terutama dengan beberapa rilis distribusi Linux musim gugur yang mungkin bertahan dengan kernel v5.19. Dalam hal apa pun setidaknya area lain dari dukungan CPU desktop Zen 4 harus tersedia untuk diluncurkan termasuk seperti pemantauan suhu dan bit lain yang terkadang terlambat ke pesta.
Bagaimanapun, dan seperti biasa, nantikan untuk mendengar lebih banyak tentang AMD Ryzen 7000 series “Raphael” di Linux ketika saatnya tiba.

Itulah berita seputar AMD Memposting Kode Driver Audio Linux Baru Untuk Raphael, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.