AMD Mempublikasikan Binari Firmware Baru Untuk Perangkat Keras Mendatang

  • Post author:
  • Post category:Linux

Memukul pohon linux-firmware.git pagi ini adalah file firmware AMDGPU baru untuk blok IP yang ditemukan pada perangkat keras yang akan datang. Kemungkinan file firmware baru ini untuk prosesor seluler seri Ryzen 7040 yang akan datang dengan grafis RDNA3.
File firmware baru muncul di pohon sumber firmware Linux untuk GC 11.0.1, DCN 3.1.4, SDMA 6.0.1, PSP 13.0.4, dan blok IP VCN 4.0.2.

Karena strategi pengaktifan IP “blok demi blok” untuk tumpukan driver grafis sumber terbuka, tidak segera jelas bagi publik / pihak luar prosesor grafis mana yang akan berkorelasi dengan versi IP ini. Selain dengan GC 11.0.1, itu mencerminkan RDNA3.
Bagaimanapun, blok GC 11.0.1 / DCN 3.1.4 / SDMA 6.0.1 / PSP 13.0.4 / VCN 4.0.2 tertentu ini sudah diaktifkan dalam kode driver kernel AMDGPU, jadi sekarang hanya masalah mendapatkan dukungan firmware ini diambil oleh distribusi Linux yang mengirimkan kernel Linux terbaru dan Mesa untuk dapat menikmati dukungan grafis yang dipercepat dengan perangkat keras grafis AMD yang akan datang ini.
Mengingat waktunya dan bahwa AMD cenderung tidak mempublikasikan file firmware AMDGPU mereka sampai produk diluncurkan atau sangat dekat dengan peluncuran, sangat mungkin file-file ini untuk prosesor laptop seri Ryzen 7040 yang diumumkan awal bulan ini di CES dan fitur RDNA3 grafis. File-file firmware AMDGPU ini ditambahkan oleh Mario Limonciello dari AMD yang cenderung lebih fokus pada sisi klien/CPU/APU daripada kartu grafis diskrit, menambah bobot lebih lanjut untuk perangkat keras grafis seluler/laptop yang akan datang.
Bagaimanapun, ada baiknya melihat file firmware AMDGPU baru ini sekarang menjadi publik di linux-firmware.git. Bulan lalu, baru setelah kartu grafis seri Radeon RX 7900 dikirimkan, file firmware tersebut di-upstream seperti yang biasa terjadi di pihak AMD dengan biasanya tidak menerbitkan blob firmware ini terlalu dini, bertentangan dengan kernel open-source dan Mesa mereka. dukungan pengemudi sedang dikerjakan selama berbulan-bulan sebelumnya.

Itulah berita seputar AMD Mempublikasikan Binari Firmware Baru Untuk Perangkat Keras Mendatang, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.