AMD Mengembangkan Driver Linux “PMF” Untuk Pengalaman Pengguna Desktop/Laptop yang Lebih Baik

  • Post author:
  • Post category:Linux

AMD baru-baru ini mulai memposting patch Linux untuk driver Platform Management Framework “PMF” yang dirancang untuk “meningkatkan pengalaman pengguna akhir dengan membuat PC AMD lebih cerdas, lebih tenang, hemat daya dengan beradaptasi dengan perilaku dan lingkungan pengguna.” Driver AMD PMF Linux bertujuan untuk memberikan pengalaman pengguna klien yang lebih baik untuk PC dan laptop AMD yang menjalankan Linux. Setidaknya pada tingkat tinggi kedengarannya mirip dengan apa yang sudah dilakukan Intel untuk perangkat keras mereka di Linux dengan berbagai driver kernel termal/daya dipasangkan dengan daemon ruang pengguna Thermald mereka di ruang pengguna untuk mendukung Platform Dinamis dan Kerangka Termal (DPTF) mereka. . Driver baru ini dijelaskan oleh insinyur AMD Shyam Sundar S K sebagai: AMD PMF Driver (alias Platform Management Framework) menyediakan kerangka kerja terpusat berdasarkan input sensor, petunjuk OS, status platform, dan metrik APU untuk mengelola kinerja, daya, dan termal sistem secara dinamis. Tujuan dari driver ini adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna akhir dengan membuat PC AMD lebih cerdas, lebih tenang, hemat daya dengan beradaptasi dengan perilaku pengguna dan lingkungan. Sasaran yang lebih besar meliputi: – Memungkinkan penyesuaian yang mudah dari solusi PC pintar oleh OEM. – Menyediakan kerangka kerja bagi OEM untuk menambahkan algoritme dan solusi khusus – Meningkatkan daya platform siaga dan dinamis melalui manajemen daya aktif perangkat platform. Dalam seri ini, dukungan untuk fitur berikut telah ditambahkan. – “Penggeser Daya Statis” dimaksudkan untuk mengelola anggaran daya berdasarkan mode daya atau posisi penggeser. – “Mode Otomatis” melacak rata-rata daya bergerak APU dan mengambil keputusan cerdas untuk beralih di antara mode yang berbeda. Sudah ada beberapa bit seperti dukungan Profil Platform ACPI sebagai standar yang sudah ditangani oleh beberapa vendor laptop dengan SoC AMD Ryzen aktif Linux. PMF AMD tampaknya mengambil hal-hal yang lebih mirip dengan penanganan manajemen DPTF termal/daya Intel di Linux sebagai solusi yang lebih sehat untuk platform perangkat keras mereka. AMD PMF harus memungkinkan kontrol termal/daya yang lebih baik atas sistem, memungkinkan pengguna Linux mengakses lebih mudah melalui kontrol kipas, dll.

Driver ini berinteraksi dengan firmware manajemen daya AMD sistem. Setidaknya pada awalnya dukungan target adalah untuk perangkat keras dengan ID ACPI “AMDI0102” dan diperkenalkan dengan SoC seluler Ryzen 6000 “Rembrandt” terbaru. Agaknya AMD PMF akan didukung oleh semua platform klien masa depan, termasuk APU desktop. Di sisi Windows, tampaknya mereka telah mengerjakan dukungan PMF di driver chipset mereka sejak awal tahun. Dari benchmark AMD Ryzen 7 PRO 6850U Linux saya dengan ThinkPad X13 Gen 3, laptop Ryzen 6000 “Rembrandt” sudah bekerja dengan baik di Linux sementara dukungan PMF memiliki potensi untuk peningkatan daya/termal.

Selama setahun terakhir AMD telah merekrut lebih banyak di sisi klien untuk peningkatan Linux. AMD juga telah mengalami kesuksesan klien Linux seperti dengan sistem infotainment dalam kendaraan Tesla, Steam Deck Valve, dan lebih banyak lagi pra-muat laptop Linux. AMD PMF harus membantu dengan baik dalam upaya ini untuk generasi mendatang yang membawa PMF. Saat ini 1.4k baris kode kernel baru yang menghubungkan driver AMD PMF sedang ditinjau di milis kernel dan telah menjalani beberapa putaran tinjauan beberapa hari terakhir. Jika semuanya berjalan dengan baik, driver AMD Platform Management Framework dapat digabungkan untuk Linux 6.1 akhir tahun ini.

Itulah berita seputar AMD Mengembangkan Driver Linux “PMF” Untuk Pengalaman Pengguna Desktop/Laptop yang Lebih Baik, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.