AMD Mulai Bekerja Pada Dukungan “GFX11” Untuk Open-Source Mesa Linux Graphics (RDNA3)

Mengikuti patch kernel AMDGPU Linux terbaru AMD untuk blok grafis “GFX11” yang dapat ditemukan dengan GPU RDNA3 generasi berikutnya, AMD kini telah mengirimkan patch sisi Mesa awal untuk GFX11/RDNA3 dengan fokus pada driver RadeonSI Gallium3D mereka.
Kode baru yang dikirim kemarin menambahkan banyak dukungan awal GFX11 ke Mesa, menambahkan 27,5 ribu baris kode baru dan menghapus 1,3 ribu baris di 78 patch — sebagian besar penambahan jumlah baris dikaitkan dengan file header dan kode addrlib.
Peluncuran GFX11 untuk Mesa telah dimulai.

Pemberdayaan ini menambahkan GFX11 menambahkan GFX1100 melalui varian chip GFX1103 — sekarang hanya angka dan bukan nama kode mencurigakan yang berwarna-warni di masa lalu. Tidak ada detail yang sangat menarik yang diungkapkan oleh pekerjaan pemberdayaan awal ini. Satu informasi kecil sekarang memiliki ukuran baris cache 128 byte daripada 64 byte. Kode baru untuk Mesa 22.2 ini membangun kode GFX10 (RDNA / RDNA2) yang ada di berbagai area driver. Ini juga sejalan dengan pekerjaan GFX11 yang sedang berlangsung yang sedang dilakukan di LLVM arus utama untuk back-end kompiler shader AMDGPU LLVM.
Fokus

AMD dalam Mesa adalah pada kode driver RadeonSI Gallium3D OpenGL. Driver Radeon Vulkan Mesa “RADV” tidak dikelola secara resmi oleh AMD tetapi diserahkan kepada Valve / Red Hat / komunitas. Secara internal AMD kemungkinan sudah bekerja dengan baik pada dukungan driver Vulkan GFX11/RDNA3 resmi mereka dalam kode driver Vulkan sumber tertutup mereka dan apa yang akan dibuka nanti di driver Vulkan Linux sumber terbuka alternatif AMDVLK.
Kode GFX11 baru dalam Mesa ini juga terkait dengan blok encode/decode video VCN 4.0 baru untuk akselerasi video di Gallium3D.
Harapkan lebih banyak pekerjaan GFX11 / RDNA3 untuk dilanjutkan dalam kernel Linux dan Mesa selama beberapa bulan mendatang. Untuk saat ini kode ini sedang ditinjau tetapi harus dengan aman membuatnya menjadi rilis Mesa 22.2 kuartal berikutnya dan idealnya berada dalam kondisi yang baik di sana untuk dukungan out-of-the-box saat peluncuran ketika kartu grafis Radeon generasi berikutnya diluncurkan nanti pada tahun 2022 .

Itulah berita seputar AMD Mulai Bekerja Pada Dukungan “GFX11” Untuk Open-Source Mesa Linux Graphics (RDNA3), semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.