AMD Raphael & Jadeite + Dukungan Driver Audio Intel Meteor Lake Bermain Di Linux 6.0

  • Post author:
  • Post category:Linux

Takashi Iwai dari SUSE sebagai pengelola subsistem suara Linux telah mengirimkan semua dukungan perangkat keras baru dan pembaruan fitur yang menargetkan jendela penggabungan Linux 6.0. Perubahan driver suara Linux 6.0 penting dalam hal dukungan perangkat keras AMD dan Intel baru di antara perubahan lainnya.
Pertama, ada driver audio AMD baru untuk “Raphael”, alias prosesor desktop Ryzen 7000. Seperti yang dilaporkan sebelumnya, ada driver baru untuk mendukung Audio Co-Processor (ACP 6.x) yang diperbarui untuk Raphael. Mengingat seri AMD Ryzen 7000 akan diluncurkan pada kuartal ini, driver Linux baru ini datang agak terlambat mengingat kernel Linux 6.0 tidak akan debut sebagai stabil hingga akhir September atau awal Oktober dan datang terlambat untuk menjadi kernel default Ubuntu 22.10 . Bagaimanapun, setidaknya Linux 6.0 mengambil dukungan audio ACP 6.x untuk Raphael.
Kode driver Linux baru untuk Raphael baru-baru ini dipublikasikan, jauh lebih lambat daripada pengaktifan Raphael dan Zen 4 Linux lainnya di area lain dari kernel.

Platform baru lainnya dengan dukungan audio AMD di Linux 6.0 memungkinkan platform Jadeite mereka yang merupakan cabang dari Stoney APU yang berusia bertahun-tahun. Masih belum jelas mengapa AMD mengerjakan Jadeite sekarang pada tahun 2022 setelah sekian lama dan Jadeite memiliki beberapa referensi dalam kode Linux pada tahun 2017, tetapi sekarang pada tahun 2022 adalah kode baru dari AMD ini … Mungkin untuk beberapa komersial keterikatan.
Di sisi Intel, ada dukungan DSP Meteor Lake awal. Meteor Lake dibangun dari arsitektur Sound Open Firmware tetapi memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan perangkat keras audio Tigerlake dan Alder Lake sebelumnya. Meteor Lake memperkenalkan perangkat keras audio baru dengan nama kode “ACE” dan membutuhkan RTOS berbasis SOF Zephyr yang lebih baru. Untuk Linux 6.0, hampir seribu baris kode baru di atas jalur driver SOF yang ada.
Beberapa dukungan audio baru lainnya di Linux 6.0 termasuk MediaTek MT8186 dan MT6366 DSP, NVIDIA Tegra MDDRC, Qualcomm SDM845, WDC9335, dan codec audio lainnya.
Pembaruan suara Linux 6.0 juga mencakup sejumlah peningkatan suara inti, menggabungkan lebih banyak tumpukan driver Intel AVS, pembaruan Sound Open Firmware (SOF) umum, dan perubahan lainnya.

Itulah berita seputar AMD Raphael & Jadeite + Dukungan Driver Audio Intel Meteor Lake Bermain Di Linux 6.0, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.