AMD ROCm 5.2 Dirilis Dengan Perpustakaan rocWMMA Baru

  • Post author:
  • Post category:Linux

AMD telah merilis ROCm 5.2 sebagai versi terbaru dari tumpukan komputasi GPU open-source.
Baru dengan ROCm 5.2 untuk tumpukan komputasi GPU open-source Linux ini adalah sejumlah API HIP baru, dukungan untuk alokasi memori sisi perangkat (malloc) dalam kompiler HIP-Dentang, pengenalan pustaka rocWMMA baru, pengujian/benchmark baru executable untuk berbagai komponen, beberapa rutinitas baru untuk rocSOLVER, menjatuhkan dukungan Navi 12 / GFX1011 untuk rocBLAS` fat binary, dan dukungan target OpenMP tracing (OMPT) untuk pelacakan perangkat.
Penambahan API HIP baru ada di bidang manajemen perangkat, run-time HIP untuk manajemen memori, Manajemen Grafik, dan Manajemen Memori Virtual.

Perpustakaan AMD rocWMMA baru adalah pustaka C++ untuk mempercepat operasi perkalian dan akumulasi matriks presisi campuran (MFMA) yang memanfaatkan inti matriks GPU khusus. Dokumentasi AMD selanjutnya meringkas rocWMMA:
“rocWMMA menyediakan C++ API untuk memfasilitasi pemecahan matriks, mengalikan, menumpuk masalah menjadi fragmen dan menggunakannya dalam operasi blok-bijaksana yang didistribusikan secara paralel di seluruh muka gelombang GPU. API adalah pustaka header kode perangkat GPU, yang berarti akselerasi inti matriks mungkin dikompilasi langsung ke dalam kode perangkat kernel Anda. Ini dapat mengambil manfaat dari pengoptimalan kompiler dalam pembuatan rakitan kernel dan tidak menimbulkan biaya overhead tambahan untuk menautkan ke pustaka runtime eksternal atau harus meluncurkan kernel terpisah.
rocWMMA dirilis sebagai pustaka header dan menyertakan proyek uji dan sampel untuk memvalidasi dan mengilustrasikan contoh penggunaan C++ API. Perkalian matriks GEMM digunakan sebagai validasi utama mengingat preseden berat untuk perpustakaan. Namun, portofolio penggunaan tumbuh secara signifikan dan menunjukkan cara yang berbeda rocWMMA dapat dikonsumsi.” Catatan rilis ROCm 5.2 hanya menyebutkan CnetOS/RHEL 7 dan 8, SUSE Linux Enterprise Server 15 SP3/SP4, Ubuntu 18.04, dan Ubuntu 20.04 sebagai operasi yang didukung Ubuntu 22.04 LTS belum secara resmi mendukung dengan rilis ROCm 5.2, sayangnya, juga tidak RHEL 9.0. Meskipun seperti yang saya tulis beberapa waktu lalu pagi ini, driver paket 22.20 sedang mempersiapkan dukungan RHEL 9.0 dan Ubuntu 22.04 jadi semoga rilis ROCm berikutnya akan memiliki dukungan yang tepat untuk distribusi Linux perusahaan baru ini.
Kartu grafis yang terdaftar sebagai didukung secara resmi oleh ROCm 5.2 adalah perangkat keras GFX9, RDNA, dan CDNA. Kartu RDNA yang tercantum hanyalah seri Radeon Pro W6800 dan Pro V620. ROCm telah mulai bekerja untuk berbagai GPU konsumen RDNA/RDNA2 tetapi jarak tempuh Anda mungkin berbeda.
ROCm 5.2 tersedia dari GitHub.

Itulah berita seputar AMD ROCm 5.2 Dirilis Dengan Perpustakaan rocWMMA Baru, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.