AMD “Transisi Mode Otomatis” Hadir Untuk Laptop Lenovo ThinkPad Dengan Linux 6.0

  • Post author:
  • Post category:Linux

AMD Automatic Mode Transition (AMT) adalah fitur baru yang terhubung untuk laptop ThinkPad bertenaga Ryzen yang diperkenalkan dengan kernel Linux 6.0.
Insinyur Lenovo dan AMD baru-baru ini memposting tambalan Linux untuk “Transisi Mode Otomatis” sebagai opsi penanganan otomatis daya/kinerja yang setidaknya pada awalnya tampaknya hanya ditemukan di laptop Lenovo ThinkPad. Saya belum dapat menemukan banyak tentang fungsionalitas Transisi Mode Otomatis (AMT) AMD tetapi beberapa indikasi adalah bahwa itu khusus/terbatas untuk model Lenovo, selain itu pengaktifan AMT ini hanya terjadi untuk driver kernel ThinkPad ACPI.
Transisi Mode Otomatis AMD tampaknya untuk perubahan dinamis berbasis firmware dari karakteristik daya/kinerja. Ini terkait dengan dukungan Profil Platform ACPI bahwa ketika dalam mode “seimbang” default saat boot, dengan Linux 6.0+ pada ThinkPad yang didukung, AMT akan terlibat untuk menyesuaikan karakteristik profil platform secara dinamis berdasarkan keputusan yang digerakkan oleh firmware.
Selain harus dalam mode Profil Platform ACPI “seimbang” default, pada beberapa platform AMD kombinasi Fn + T dapat digunakan untuk mengaktifkan apakah Transisi Mode Otomatis aktif. Itulah cara bagi mereka yang tertarik untuk beralih fungsi AMT. Dicetak ke dmesg di Linux 6.0+ sistem ThinkPad akan menjadi pesan apakah AMT diaktifkan/dinonaktifkan.
Secara kebetulan minggu lalu saya memposting beberapa tolok ukur mode Profil Platform ACPI pada Ryzen 7 PRO 6850U dengan ThinkPad X13 Gen3. Mode kinerja dapat memeras beberapa keuntungan kecil pada kinerja/biaya termal yang lebih tinggi sementara mode daya rendah benar-benar meningkatkan penghematan daya dan memimpin dalam kinerja-per-Watt. Saya akan menguji ThinkPad X13 Gen3 ini dengan Linux 6.0 Git segera untuk melihat apakah AMD AMT benar-benar berfungsi di sana dan dampak dari fitur AMD/Lenovo yang sedikit didokumentasikan ini.
AMD dan Lenovo terus bekerja pada peningkatan dukungan laptop Linux.

Sementara integrasi AMD AMT di Linux 6.0 hanya untuk Lenovo dengan driver ThinkPad ACPI, lebih luas dan untuk digunakan di seluruh vendor, AMD baru-baru ini mulai memposting driver AMD Platform Management Framework (PMF) . AMD PMF jauh lebih menyeluruh daripada AMT dan lintas vendor, dimulai dengan SoC AMD Rembrandt. AMD PMF tampaknya mirip dengan Intel`s Dynamic Platform and Thermal Framework (DPTF) karena merupakan kerangka kerja terpusat berdasarkan sensor, petunjuk, status platform, dan metrik perangkat keras untuk mengubah kinerja/perilaku daya secara dinamis.
Dukungan AMD AMT untuk ThinkPads dikirimkan sebagai bagian dari pembaruan platform-drivers-x86 yang dikirim untuk jendela penggabungan Linux 6.0. Tarikan itu juga memiliki lebih banyak peningkatan dukungan laptop Microsoft Surface, penanganan LED mute mikrofon di driver ASUS WMI, pembaruan Intel Primary-to-Sideband (P2SB), dan perubahan kecil lainnya untuk menguntungkan laptop Linux dan banyak lagi.

Itulah berita seputar AMD “Transisi Mode Otomatis” Hadir Untuk Laptop Lenovo ThinkPad Dengan Linux 6.0, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.