AMDs “Sabrina” SoC Is Mendocino – Pengaktifan Coreboot Berlanjut

  • Post author:
  • Post category:Linux

Anda mungkin ingat berita Phoronix awal tahun ini tentang SoC AMD “Sabrina” yang muncul di Coreboot untuk dukungan firmware sistem sumber terbuka. Selama beberapa bulan terakhir kami telah mengutip sejumlah hit AMD Sabrina dalam kode sumber terbuka tetapi di luar itu belum banyak mendengar tentang “Sabrina” atau melihatnya di peta jalan AMD. Mirip dengan bagaimana di masa lalu orang-orang AMD Radeon telah menggunakan nama kode mencurigakan yang berwarna-warni untuk patch pengaktifan sumber terbuka awal untuk perangkat keras grafis generasi berikutnya daripada nama kode produk yang sebenarnya, ini juga terjadi pada Sabrina. Tambalan terbaru selama akhir pekan untuk Coreboot mengkonfirmasi bahwa AMD Sabrina adalah nama kode alternatif untuk Mendocino. Kembali di Computex, AMD mengumumkan Mendocino sebagai SoC laptop anggaran yang diluncurkan di Q4. AMD Mendocino akan menargetkan laptop mainstream $399~699 USD dan menampilkan 6nm TSMC Zen 2 core dengan 4 core/8 thread, grafis RDNA2, dan memori LPDDR5. Bagus di sisi grafis serta secara eksklusif menggunakan memori sistem LPDDR5, tetapi tertinggal di sisi CPU dengan Zen 2 – dapat dimengerti meskipun mengingat ruang kelas bawah/biaya rendah dan ultra-portabel seperti Chromebook biasanya tidak terlibat dalam komputasi yang terlalu intensif kerja. Perubahan terbaru

Coreboot yang digabungkan di Git hari ini mengkonfirmasi bahwa Sabrina sebenarnya adalah alias untuk Mendocino. Coreboot Git terbaru memiliki perubahan untuk Sabrina/Mendocino dan terus fokus pada Google Chromebook mendatang yang menggunakan SoC Zen 2 + RDNA2 ini. Sangat menyenangkan melihat semua pekerjaan sumber terbuka Sabrina/Mendocino ini kembali ke awal tahun, jadi semoga pada Q4 akan ada beberapa Chromebook anggaran yang menarik dengan AMD Mendocino.

Itulah berita seputar AMDs “Sabrina” SoC Is Mendocino – Pengaktifan Coreboot Berlanjut, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.