Ampere Menambahkan Dukungan Inti CPU “Ampere1” Ke LLVM

Digabungkan hari ini ke LLVM 15.0 arus utama untuk compiler Clang adalah dukungan Ampere Computing untuk “Ampere1”, prosesor server generasi berikutnya yang menampilkan desain inti “Ampere Cores” internal mereka.
Prosesor Ampere Altra dan Ampere Altra Max generasi saat ini sudah sangat kompetitif dengan hingga 128 inti fisik per soket dan memanfaatkan desain Arm Neoverse-N1 7nm. Namun, seperti yang dicatat tahun lalu, Ampere telah mulai mengerjakan desain inti mereka sendiri untuk pengenalan yang dijadwalkan nanti pada tahun 2022.

“Ampere Next-Generation” tahun lalu dikonfirmasi berbasis 5nm dan memiliki desain yang sesuai dengan Arm ISA serta memori generasi berikutnya (DDR5) dan kemampuan penyimpanan. Namun, detailnya tetap ringan untuk penerus Ampere Altra / Altra Max ini yang akan mengantarkan desain inti mereka sendiri. Desain Ampere 2022 juga telah direferensikan oleh nama kode “Siryn”.
Jadi saya sangat senang melihat pagi ini yang di-mainline ke LLVM adalah “Ampere1”. Dukungan kompiler awal untuk target “ampere1” ditambahkan dan sesuai dengan ISA Armv8.6-A. Ini setidaknya menegaskan penggunaan Armv8.6-A untuk desain inti Ampere internal awal ini daripada Armv9 tetapi sudah merupakan peningkatan yang signifikan atas Armv8.2 dengan inti Neoverse N1.

Target kompiler Ampere1 mengonfirmasi Armv8.6-A dengan ekstensi FP16 dan MTE (Memory Tagging) bersama dengan mengaktifkan opsi Speculation Barrier (SB) dan (Speculative Store Bypass Safe (SSBS). Dukungan LLVM ini menambal dukungan Ampere-1 yang ditambahkan ke compiler GCC kembali pada bulan November.
Patch ini menambahkan dukungan dasar “ampere1” dan patch lanjutan menambahkan dukungan Ampere1 untuk opsi target “asli”. Tambalan ini ada di Git untuk apa yang akan debut sebagai bagian dari LLVM 15.0 musim gugur ini.
Kita harus mendengar lebih banyak tentang desain inti CPU Ampere baru ketika rilis prosesor mendekati akhir tahun ini. Bahkan belum jelas apakah “Ampere 1” akan menjadi bagian dari nama merek prosesor mereka yang akan datang atau apakah “ampere1” hanya digunakan sebagai nama kode alternatif untuk “Siryn” atau pengganti untuk saat ini — sama seperti kita lihat di tempat lain tentang dukungan kompiler awal untuk CPU yang belum dirilis.

Itulah berita seputar Ampere Menambahkan Dukungan Inti CPU “Ampere1” Ke LLVM, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.