Aplikasi Flatpak Minggu Ini: QPrompt – Perangkat Lunak Teleprompter untuk Pembuat Video


Hari ini saya memulai serangkaian artikel baru untuk menyebarkan berita tentang aplikasi Flatpak terbaru, format biner universal yang digunakan oleh semakin banyak distribusi GNU/Linux secara default. Saya akan memulai seri ini dengan aplikasi yang baru saja dirilis bernama QPrompt, yang dikembangkan oleh Javier O. Cordero Pérez.

Meet QPrompt (penerus Imaginary Teleprompter), perangkat lunak teleprompter open-source untuk pembuat video, dirancang untuk bekerja di beberapa platform populer, termasuk Linux dan macOS, serta kompatibel dengan seluler dan desktop.

Ditulis dalam C++ dan QML , QPrompt memanfaatkan kerangka kerja Qt dan Kirigami untuk memberi pengguna GUI yang cepat, mudah digunakan, dan fleksibel dengan pengalaman bebas jitter, yang berfungsi dengan ponsel, webcam, teleprompter tablet, dan teleprompters studio berbasis PC.
“Saya memilih Qt karena sistem dan kinerja animasi yang kuat; dan Kirigami karena saya ingin ini menjadi perangkat lunak Linux asli yang dapat berjalan di semua perangkat keras teleprompter,” kata Javier Cordero untuk 9to5Linux.
Meskipun saya tidak mengetahui, atau menggunakan perangkat lunak teleprompter apa pun untuk Linux, saya yakin QPrompt bertujuan untuk bersaing dalam fitur dan kualitas dengan beberapa aplikasi teleprompter berpemilik. Salah satu kemampuan unik dari aplikasi ini adalah membuat latar belakangnya transparan sehingga Anda dapat memantau diri sendiri atau audiens Anda saat Anda berbicara.

Tetapi QPrompt hadir dengan banyak fitur penting lainnya, seperti kemampuan untuk membuat perubahan cepat saat diminta, kemampuan untuk memperkirakan waktu yang tersisa, serta dukungan untuk mendorong ke beberapa layar dengan mirroring independen.

Selain itu, QPrompt dilengkapi dengan indikator kemajuan, kronometer bawaan, pemformatan teks kaya, kemampuan untuk menempelkan teks dari aplikasi lain, dukungan untuk penanda untuk dilewati di mana saja pada skrip, dan dukungan terpenting untuk sistem penulisan lebih dari 180 bahasa.

Jika Anda seorang pembuat video yang membutuhkan perangkat lunak teleprompter yang hebat dan gratis, Anda dapat mengunduh rilis stabil pertama QPrompt, yang ada di pengembangan selama lebih dari satu tahun, sekarang dari Flathub sebagai Flatpak. Selain itu, Anda dapat mengunduh QPrompt sebagai AppImage atau Snap untuk PC, atau biner DEB untuk sistem ARM dari GitHub.

Sumber: Google, 9to5linux.com