Apple M2 vs. AMD Rembrandt vs. Benchmark Intel Alder Lake Linux

  • Post author:
  • Post category:Linux

Mengingat minat yang signifikan dari pembaca Phoronix tentang seberapa baik kinerja Apple M2 di Linux, terutama setelah dicatat Linus Torvalds menggunakan Apple MacBook Air M2, berikut adalah yang pertama dari banyak artikel benchmark yang akan datang melihat seberapa baik kinerja Apple M2 di bawah Linux melawan kompetisi Intel/AMD x86_64. Apple MacBook Air baru dengan M2 telah di-benchmark untuk artikel ini dengan AMD Ryzen 7 PRO 6850U “Rembrandt” Zen 3+, Intel Core i7 1280P “Alder Lake P”, dan AMD Ryzen 9 5900HX “Cezanne H”, dan juga untuk referensi model Apple Mac Mini M1. Semua laptop ini diuji di bawah Arch Linux (x86_64) dan Asahi Linux (M1/M2) berbasis Arch.

Baru bulan lalu Asahi Linux memperkenalkan dukungan eksperimental M2 setelah beberapa minggu Hector Martin dan yang lainnya meretas yang baru- merilis produk Apple M2. Dalam mencoba Asahi Linux (eksperimental) terbaru, pengalaman berjalan sangat mulus mengingat port ini masih muda. Pengalaman penyiapan semulus Apple M1 dan dalam waktu singkat dapat melakukan dual-boot ke Linux di Apple M2.

Penting untuk dicatat bahwa menjalankan Apple M2 di Linux pada dasarnya memerlukan penggunaan Asahi Linux dengan perubahan kernel masih harus di-upstream, dll. Pada saat penulisan, pengembang Asahi Linux masih belum menyelesaikan atau menyelesaikan dukungan PMU, Mode Alternatif DisplayPort, Thunderbolt, USB3, SEP, Neural Engine, TouchID, lampu latar keyboard, kamera web , encode/decode video, ProRes Codec, dukungan mikrofon, dukungan speaker internal, dan elemen lainnya. Status dukungan perangkat keras M1 / ​​M2 saat ini dapat ditemukan melalui Asahi Linux Wiki.

Gajah besar dalam hal dukungan M1/M2 di Linux, tentu saja, adalah GPU. Menjalankan Asahi Linux pada perangkat Apple Silicon hanya akan mengarah pada implementasi OpenGL perangkat lunak berbasis LLVMpipe. Pengalaman yang dipercepat perangkat lunak itu bisa “cukup baik” untuk tugas-tugas desktop dasar, penggunaan terminal, menjalankan editor teks atau IDE, dan penjelajahan web dasar. Tetapi bagi mereka yang berharap untuk bermain game, menjalankan visualisasi stasiun kerja, atau bahkan ingin memutar banyak video menggunakan software-fallback, Anda sebaiknya menunggu sampai tumpukan grafis Linux open-source dalam kondisi yang baik untuk Apple Silicon. .. Semoga tahun depan?

Ada juga gotcha lain dengan Linux pada dukungan Apple M2/M1 seperti tidak ada dukungan sensor untuk konsumsi daya SoC / antarmuka RAPL / PowerCap sehingga tidak dapat memantau hanya penggunaan daya SoC selama benchmarking. Jadi untuk artikel hari ini hanya melihat kinerja mentah Apple M2 melawan kompetisi Intel/AMD.

Sistem M2 adalah MacBook Air 2022 dengan M2 SoC dan memori sistem 8GB — model dasar $1199 USD. Tapi sebelum sampai ke benchmark perbandingan Intel/AMD, pertama-tama mari kita lihat bagaimana kinerja macOS 12.5 vs Asahi Linux di MacBook Air ini untuk melihat bagaimana kinerja CPU Linux dibandingkan dengan rilis resmi macOS terbaru.

Ini adalah artikel panjang dengan banyak tolok ukur… Jika menikmati konten Phoronix dan ingin melihat seluruh artikel dalam satu halaman, pertimbangkan untuk bergabung dengan Phoronix Premium.

Itulah berita seputar Apple M2 vs. AMD Rembrandt vs. Benchmark Intel Alder Lake Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.