Arch Linux Mencapai Tempat Linux Teratas Di Atas Ubuntu Dalam Survei Uap Mays

  • Post author:
  • Post category:Linux

Hasil Steam Survey untuk Mei 2022 dan sementara itu menunjukkan Linux sedikit turun berdasarkan persentase, itu menunjukkan posisi teratas baru untuk distribusi Linux paling populer yang menggeser Ubuntu LTS. Hasil Steam Survey April 2022 menunjukkan Linux naik 0,14% menjadi 1,14%. Pada bulan April Ubuntu 20,04 LTS tetap menjadi distribusi teratas dengan pangsa pasar 0,16% dan Arch Linux sebesar 0,14% diikuti oleh Manjaro Linux berbasis Arch dengan 0,13%. Angka April 2022 dengan Ubuntu 22.04 LTS menjadi distribusi paling populer.

Hasil Survei Uap untuk bulan Mei dan menunjukkan Linux sedikit mundur 0,02% menjadi 1,12% pangsa pasar keseluruhan, naik melawan Windows di 96,68% dan macOS di 2,2%. Dengan kata lain, pada dasarnya datar dan mungkin bahkan lebih datar pada basis pengguna absolut dengan basis pengguna Steam secara keseluruhan terus tumbuh. Pada tahap ini juga tidak tampak bahwa Survei Uap dilaporkan/digunakan saat berjalan di Dek Uap dalam mode Uap aslinya di luar pengalaman desktop KDE. Arch Linux muncul di depan untuk hasil Steam Survey Mei 2022.

Selain dari persentase Linux keseluruhan yang agak datar, yang agak menarik adalah bulan terakhir ini melihat Arch Linux 64-bit melampaui Ubuntu 20,04 LTS sebagai distribusi Linux paling populer. Memang, Arch Linux adalah rilis bergulir dihitung sebagai satu dibandingkan dengan rilis Ubuntu masing-masing dihitung sebagai versi yang berbeda, tetapi sekali lagi Manjaro Linux dan turunan Arch Linux lainnya juga dihitung secara terpisah. Sayangnya dengan pengelompokan “lain” dari Survei Uap, sulit untuk membuat perhitungan eksternal yang tepat.

Bagaimanapun, ini menunjukkan Arch Linux sekarang digunakan oleh 0,14% pengguna Steam dibandingkan dengan 0,13% untuk Ubuntu 20.04.4 LTS dan Manjaro Linux di urutan ketiga sebesar 0,12%. Sementara itu Ubuntu 22.04 LTS sekarang muncul di daftar dengan rilis barunya dan berada di 0,09%. Atau secara relatif ketika menghitung hanya nomor Linux, Arch Linux berada di 12,85% ke Ubuntu 20,04,4 LTS di 11,75%. SteamOS Holo juga muncul sekarang dan di 5,23% untuk pengguna Linux.

Metrik menarik lainnya dan mungkin sebagai hasil dari penghitungan beberapa pengguna Steam Deck dari mode desktop KDE setidaknya adalah Intel kehilangan 4,2% pangsa pasar CPU Linux hanya dalam sebulan terakhir dengan Intel sekarang hanya memiliki penggunaan CPU 53,72% di antara pengguna Linux untuk AMD sebesar 46%. Sementara jika hanya melihat angka Windows, Intel memiliki pangsa pasar 67% ke AMD sebesar 32%. Mereka yang ingin menyelami lebih banyak dari angka-angka ini dapat menemukan hasil Steam Survey untuk Mei 2022.

Itulah berita seputar Arch Linux Mencapai Tempat Linux Teratas Di Atas Ubuntu Dalam Survei Uap Mays, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.