Armbian 22.02 Hadir dengan Dukungan Resmi Raspberry Pi, Dukungan UEFI, dan Lainnya

  • Post author:
  • Post category:Linux


Komunitas Armbian hari ini mengumumkan ketersediaan umum Armbian 22.02 sebagai rilis stabil terbaru dari sistem operasi berbasis Debian dan Ubuntu yang menjanjikan ini untuk perangkat ARM.

Datang enam bulan setelah Armbian 21.08, rilis Armbian 22.02 hadir untuk memperkenalkan dukungan awal untuk Raspberry Pi perangkat. Board Raspberry Pi 4 Model B saat ini didukung dengan build 64-bit menggunakan kernel Raspberry Pi Foundation 5.15 LTS dan 5.16, serta alat flash-kernel Debian.

Sementara dukungan Raspberry Pi masih ditandai sebagai WIP (Work in Progress), tampaknya komunitas melaporkan keberhasilan dalam menjalankan Armbian di berbagai papan Raspberry Pi 64-bit, termasuk Raspberry Pi 3 Model B yang lebih lama dan Raspberry Pi CM3 dan CM4.

Tetapi pekerjaan pada port Raspberry Pi masih jauh dari selesai, dan para pengembang Armbian membutuhkan bantuan Anda untuk menyediakan port yang berfungsi penuh kepada komunitas. Untuk saat ini, Anda dapat membantu dengan mengunduh dan menguji gambar resmi Raspberry Pi, yang didasarkan pada Ubuntu 20.04 LTS (Focal Fossa) (CLI saja), serta Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish) dengan lingkungan desktop Xfce.
“ Kami sangat berharap komunitas Raspberry Pi terlibat! Armbian di RPi hanya dimungkinkan karena upaya pengarusutamaan yang paling baik oleh komunitas itu (sebenarnya, saat ini kami sedang membangun kernel dari repo raspberrypi/linux secara langsung untuk kenyamanan kami — namun, menggunakan Linux arus utama juga dimungkinkan menggunakan sistem pembangunan) ,” kata devs.
Di antara fitur baru lainnya dari rilis Armbian 22.02, ada dukungan UEFI untuk platform AArch64 (ARM64) dan x86 dengan menggunakan bootloader GRUB dari Debian GNU/Linux dan Ubuntu, ada versi rilis bergulir baru berdasarkan Debian Sid (Tidak Stabil), dan board ODROID-N2(+) telah dipindahkan ke jalur utama u-boot.

Selain itu, para pengembang mengumumkan kerangka kerja baru untuk memungkinkan pengguna memperluas sistem build Armbian secara independen dari basis kode inti, dibuat beberapa peningkatan besar pada otomatisasi build (CI/CD) dengan penggunaan tindakan Github yang ekstensif, dan banyak bug yang diperbaiki.

Semua build Armbian 22.02 SAAT INI sekarang menggunakan kernel Linux 5.15 LTS (dengan dukungan ZFS), sedangkan build EDGE ditingkatkan ke seri kernel Linux 5.16 yang lebih baru. Seperti yang diharapkan, ini memungkinkan dukungan untuk lebih banyak perangkat, seperti papan Orange Pi R1 Plus LTS, serta YT8531 dan chip MotorComm lainnya.

Terakhir, rilis ini memungkinkan dukungan 3D pada build berbasis Debian, mengimplementasikan dukungan fan controller untuk papan NanoPi M2V2, dan menambahkan dukungan awal untuk build berbasis Ubuntu yang berasal dari seri sistem operasi Ubuntu 22.04 LTS yang akan datang.
Download Armbian 22.02

Sumber: Google, 9to5linux.com