Armbian 22.08 Menghadirkan Linux 5.19, Wayland secara Default untuk KDE Plasma, dan Dukungan PiKVM

  • Post author:
  • Post category:Linux


Tim Armbian hari ini merilis Armbian 22.08 sebagai versi stabil terbaru dari distribusi GNU/Linux berbasis Debian ini untuk ARM dan perangkat yang disematkan.

Armbian 22.08 hadir tiga bulan setelah rilis Armbian 22.05 untuk memperkenalkan beberapa perubahan menarik, dimulai dengan pengaktifan sesi Wayland secara default untuk lingkungan desktop KDE Plasma. Ini berarti bahwa instalasi KDE Plasma baru akan default ke Wayland saat menggunakan gambar Armbian 22.08. Selain itu, instalasi KDE Plasma diperbaiki terhadap masalah font yang rusak/tidak terlihat yang dilaporkan oleh pengguna dari rilis sebelumnya.

Rilis ini juga disertakan dengan kernel Linux 5.19 terbaru dan terbaik, yang tersedia bersama dengan kernel Linux 5.15 LTS yang didukung jangka panjang, menambahkan dukungan untuk komputer single-board Orange Pi 4 LTS, menambahkan dukungan untuk PiKVM yang berfungsi penuh berbasis KVM berbasis Raspberry Pi melalui IP, dan menambahkan dukungan untuk modul prosesor JetHub D1+ JetHome.

Di antara perubahan penting lainnya dalam rilis Armbian 22.08, ada yang baru alat untuk membantu menyatukan konfigurasi kernel, boot SPI dan dukungan eMMC untuk komputer papan tunggal ROCK 3A, dukungan untuk pemasangan ikatan rootfs/toolchain, berbagai perbaikan untuk papan Khadas, serta dukungan untuk desktop GNOME, Budgie dan Cinnamon dari Debian Repositori Sid (Tidak Stabil) untuk beberapa papan yang kuat.

Tentu saja, ada juga banyak perbaikan bug untuk pengalaman Armbian yang lebih baik dan lebih stabil. Anda juga akan menemukan dukungan yang lebih baik untuk ROCK Pi, NanoPi, dan ASUS Tinker Board SBC, dukungan awal untuk board Radxa ROCK 5 Model B berbasis Rockchip RK3588 yang baru, analisis keamanan kode tambahan, pengujian peningkatan kernel dan u-boot yang ditingkatkan, dan dokumentasi yang ditingkatkan.

Mulai dengan rilis ini, para pengembang Armbian juga mengaktifkan proses pembuatan otomatis untuk membuat ulang gambar yang didukung komunitas setiap minggu. Untuk detail lebih lanjut, Anda dapat melihat changelog lengkap.

Armbian 22.08 tersedia untuk diunduh sekarang dari situs web resmi untuk berbagai komputer papan tunggal, menawarkan berbagai gambar berdasarkan Ubuntu 22.10 (Jammy Jellyfish) atau Debian GNU/Linux Sid (Tidak Stabil) dengan lingkungan desktop GNOME, KDE Plasma, Xfce, Cinnamon, atau Budgie yang sudah diinstal sebelumnya.

Sumber: Google, 9to5linux.com