Armbian 22.11 Menambahkan Dukungan RISC-V 64, Banana Pi M5, ODROID-M1, dan Rock Pi 4C+

  • Post author:
  • Post category:Linux


Tim Armbian menginformasikan 9to5Linux.com hari ini tentang rilis Armbian 22.11 sebagai versi stabil terbaru dari distribusi GNU/Linux berbasis Debian untuk ARM dan perangkat tersemat.

Rilis Armbian 22.11 hadir lebih dari tiga bulan setelah Armbian 22.08 dan memperkenalkan dukungan untuk komputer papan tunggal Banana Pi M5, ODROID-M1, dan Rock Pi 4C+, dukungan build RISC-V 64 UEFI, serta dukungan yang ditingkatkan untuk komputer papan tunggal berbasis ROCK Pi S Rockchip RK3308.

Rilis ini juga menambahkan gambar ultra minimal yang telah dioptimalkan untuk penyebaran perangkat lunak, meningkatkan stabilitas dengan membekukan pemutakhiran kernel secara default, mengimplementasikan dukungan boot splash Plymouth untuk kernel Linux 5.19 atau lebih baru, dan menambahkan dukungan untuk pustaka gpiod ke server ARMhf dan AArch64 serta gambar desktop untuk mengakses GPIO pins/lines.

Di antara perubahan penting lainnya, Armbian 22.11 menambahkan dukungan pemasangan UEFI ke pemasangan nand-sata, memungkinkan audio ES8316 yang tepat pada papan tunggal Rock Pi 4 komputer, menambahkan repositori ZFS, menambahkan distribusi SKEL ke semua pengguna yang ada di skrip postinst, dan menambahkan firmware suara Intel ke gambar desktop. Dari segi perangkat lunak, rilis ini menambahkan konfigurasi awal untuk aplikasi emulator terminal Terminator, mengaktifkan kembali Mozilla Thunderbird klien email dan menambahkan IDE Codium pada gambar berbasis Debian Sid, dan menggantikan iklan Ubuntu Pro yang kontroversial di emulator terminal pada gambar berbasis LTS Ubuntu 22.04.

Ada juga banyak perbaikan bug di Armbian 22.11 untuk lebih meningkatkan dukungan untuk papan, termasuk Raspberry Pi, ODROID-XU4, PINE H64, NanoPi NEO3, JetHub D1, dan ROCK Pi S. Untuk bacaan tambahan tentang perubahan yang diterapkan dalam rilis ini, lihat changelog lengkap.

Sementara itu, Anda dapat mengunduh Armbian 22.11 dari situs web resmi untuk berbagai macam komputer papan tunggal sebagai gambar berdasarkan Ubuntu 22.10 (Jammy Jellyfish) atau Debian GNU/Linux Sid (Tidak Stabil) dengan GNOME, KDE Plasma, Xfce, Ci nnamon, atau lingkungan desktop Budgie pra-instal.

Sumber: Google, 9to5linux.com