Asahi Linux Mengaktifkan Dukungan Driver GPU Apple Awal – WIP OpenGL 2.1 + GLES 2.0

  • Post author:
  • Post category:Linux

Distribusi Asahi Linux sekarang mengirimkan tumpukan driver grafis kualitas alfa awal untuk SoC Apple M1/M2. Driver dalam proses ini terdiri dari driver kernel DRM eksperimental yang ditulis oleh Rust dan kemudian kode AGX Gallium3D di Mesa yang saat ini menargetkan dukungan OpenGL 2.1 dan OpenGL ES 2.0.
Kode ini sedang diaktifkan di dalam Asahi Linux sendiri karena driver kernel DRM yang ditulis oleh Rust masih memerlukan lebih banyak waktu untuk dipanggang sebelum digabungkan ke kernel arus utama untuk menyatukan semua infrastruktur Rust dan memastikan API ruang pengguna solid. Kode AGX Gallium3D terus matang dalam basis kode Mesa arus utama.
Dukungan driver GPU Apple sumber terbuka di Linux ini cukup baik untuk menjalankan beberapa lingkungan desktop gabungan dan beberapa game GL2 / GLES 2.0. Game seperti Neverball dan Quake III diketahui berfungsi dengan baik dan dengan kecepatan yang dapat dimainkan sementara ada ruang untuk pengoptimalan performa yang lebih banyak.
Pengembang utama AGX Mesa Alyssa Rosenzweig mengomentari langkah selanjutnya:
Apa berikutnya? Mendukung lebih banyak aplikasi. Sementara OpenGL (ES) 2 cukup untuk beberapa aplikasi, yang lebih baru (terutama game) menuntut lebih banyak fitur OpenGL. OpenGL (ES) 3 menghadirkan banyak fitur baru, seperti beberapa target render, multisampling, dan umpan balik transformasi. Pekerjaan pada fitur-fitur ini berjalan dengan baik, tetapi masing-masing akan membutuhkan banyak upaya pengembangan tambahan, dan semuanya diperlukan sebelum OpenGL (ES) 3.0 tersedia.
Bagaimana dengan Vulcan? Kami sedang mengusahakannya! Meskipun saat ini kami hanya mengirimkan OpenGL, kami mendesain dengan mempertimbangkan Vulkan. Sebagian besar pekerjaan yang kami lakukan untuk OpenGL akan digunakan kembali untuk Vulkan. Kami memperkirakan bahwa kami dapat mengirimkan driver OpenGL 2 yang berfungsi jauh lebih cepat daripada driver Vulkan 1.0 yang berfungsi, dan kami ingin mendapatkan desktop yang dipercepat perangkat keras ke tangan Anda sesegera mungkin. Sebagian besar, desktop tersebut menggunakan OpenGL, jadi mendukung OpenGL terlebih dahulu lebih masuk akal bagi kami daripada mendalami bagian dalam Vulkan, hanya menggunakan Zink untuk menerjemahkan OpenGL 2 ke Vulkan untuk menjalankan desktop. Plus, ada spektrum besar dukungan OpenGL, dengan OpenGL 2.1 berisi sebagian kecil dari fitur OpenGL 4.6.

Menjalankan dukungan driver GPU eksperimental ini di Asahi Linux saat ini harus dijalankan dengan kode linux-asahi-edge dan mesa-asahi-edge . Detail lebih lanjut tentang dukungan driver Apple GPU eksperimental saat ini melalui blog Alyssa.

Itulah berita seputar Asahi Linux Mengaktifkan Dukungan Driver GPU Apple Awal – WIP OpenGL 2.1 + GLES 2.0, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.