Banyak Komponen X.Org Lama Melihat Rilis Baru Akhir Pekan Ini

  • Post author:
  • Post category:Linux

Meskipun tidak ada rilis “katamari” X.Org baru yang direncanakan untuk kumpulan semua pembaruan komponen X.Org yang digabungkan, akhir pekan ini kontributor lama X.Org Alan Coopersmith dari Oracle mengeluarkan banyak pembaruan baru untuk berbagai X.Org lama yang jarang dipelihara proyek.
Sejumlah paket X.Org yang jarang melihat rilis baru dan bertahun-tahun tanpa aktivitas terukur telah diperbarui. Sebagian besar versi baru hanya mengumpulkan beberapa perbaikan acak untuk dikumpulkan selama beberapa tahun terakhir. Mungkin yang paling menonjol dengan rilis akhir pekan ini adalah rilis xf86-video-keyboard 2.0 yang menjatuhkan dukungan Linux. Item lainnya termasuk mengatasi peringatan dengan kompiler yang lebih baru, membangun pembaruan sistem, perubahan untuk migrasi GitLab X.Org/FreeDesktop.org yang telah lama selesai, dan perbaikan kecil acak lainnya.
Mengingat Coopersmith sedang mengerjakan ini sekarang, mungkin Oracle sedang mengerjakan pengiriman pembaruan besar paket X.Org untuk Solaris — yang di masa lalu telah menjadi motivasi untuk mengeluarkan versi baru. Atau itu hanya perawatan ekstra musim panas…
xclipboard 1.1.4 dirilis untuk utilitas ini untuk mengumpulkan dan menampilkan pilihan teks yang dikirim ke CLIPBOARD X11 oleh klien lain. Rilis ini memiliki berbagai pembaruan bug, perbaikan peringatan kompiler, dan item kecil lainnya.
xcmsdb 1.0.6 dirilis untuk perangkat lunak ini yang menangani data Karakterisasi Warna Perangkat. Berbagai perbaikan bug dan perbaikan kode minor lainnya di sini.
xconsole 1.0.8 untuk jendela X11 yang menampilkan pesan yang dikirim ke /dev/console. Ada pembaruan build dasar dan pembaruan integrasi GitLab.
xfontsel 1.1 keluar untuk aplikasi ini untuk menampilkan font protokol inti X11. Rilis baru ini menambahkan tombol reset untuk mengatur ulang semua pilihan dan opsi “berskala” untuk mengambil resolusi layar dan menambahkannya ke resolusi yang tersedia untuk menu resolusi X/Y. Plus ada pembaruan build, pembaruan integrasi GitLab, dan perbaikan kecil lainnya.
xfs 1.2.1 karena X Font Server memiliki beberapa pembaruan build kecil, perbaikan kode, dan sekarang menggunakan memcpy() daripada memmove() ketika buffer diketahui tidak tumpang tindih.
xmodmap 1.0.11, xpr 1.1, xscope 1..43, dan xwud 1.0.6 juga dirilis dengan berbagai perbaikan kecil.
Ada juga beberapa pembaruan driver X.Org DDX vintage juga. Driver xf86-input-keyboard 2.0 dirilis terutama untuk sistem X.Org non-Linux seperti Solaris dan BSD. Rilis 2.0 ini menghapus dukungan Linux karena ada dukungan superior dalam xf86-input-evdev dan xf86-input-libinput. Ditambah pembaruan build lainnya dan item kecil dalam rilis ini.
Driver xf86-input-synaptics 1.9.2 juga dirilis dengan berbagai perbaikan. Di sisi driver video ada xf86-video-cirrus 1.6, xf86-video-mach64 6.9.7, dan xf86-video-mga 2.0.1. Semua pembaruan DDX xf86-video ini hanya untuk item pemeliharaan seperti pembaruan integrasi GitLab, perbaikan sistem build, perbaikan peringatan kompiler, dll. Tidak ada yang terlalu menarik.
Pengguna Solaris/BSD mungkin sedikit lebih bersemangat dengan pembaruan paket X.Org ini, tetapi secara keseluruhan tidak banyak yang bisa dibanggakan selain beberapa cinta langka untuk potongan-potongan yang pernah penting ini pada teka-teki desktop open-source.

Itulah berita seputar Banyak Komponen X.Org Lama Melihat Rilis Baru Akhir Pekan Ini, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.