Blumenkrantz Menyiram 17.1k Baris Kode Mesa Lama

  • Post author:
  • Post category:Linux

Pengembang Zink terkenal, Mike Blumekrantz, yang bekerja untuk Valve dalam meningkatkan driver OpenGL-on-Vulkan Mesa, telah memulai Oktober dengan menghapus banyak kode Mesa lama.
Dengan permintaan penggabungan yang sekarang digabungkan untuk Mesa 22.3-devel, beberapa 17,1k baris kode Mesa lama telah dihapus. Secara khusus, front-end XvMC lama Gallium3D telah dihapus. X-Video Motion Compensation (XvMC) sebagai ekstensi X.Org Server yang memungkinkan beberapa pekerjaan offload video terjadi pada GPU telah lama usang. XvMC digunakan hampir dua dekade yang lalu, tetapi selama beberapa tahun terakhir, VA-API dan VDPAU API telah jauh lebih umum dan jauh lebih berguna daripada fungsionalitas terbatas yang disediakan oleh XvMC. Jadi, bagus untuk melihat front-end XvMC akhirnya di-nuked karena XvMC hanya berguna untuk konten video MPEG-1/MPEG-2 dan mempercepat serangkaian proses terbatas. Menghapus kode Gallium3D XvMC adalah sekitar 3,5 ribu baris kode.
Rbug juga dihapus sebagai 7k baris kode usang lainnya. Rbug Gallium3D dimaksudkan sebagai driver pipa debugger jarak jauh. Rbug dikembangkan oleh Tungsten Graphics / VMware untuk membantu debugging masalah grafis dari jarak jauh. Debug jarak jauh untuk Gallium3D ini sebagian besar belum tersentuh selama satu dekade dan bahkan rbug-gui karena antarmuka debug jarak jauh belum melihat kode apa pun sejak 2014.
Gallium3D GRAW juga dihapus sebagai 6,5 ribu baris kode yang tidak terawat. Gallium3D GRAW dimaksudkan sebagai antarmuka Gallium mentah tanpa front-end.

Selain menghapus 17k+ baris kode yang tidak terawat, manfaat lain dari menghapus Rbug / GRAW / XvMC adalah memungkinkan pengembang Mesa untuk lebih mudah membuat perubahan antarmuka Gallium3D tanpa harus memperbarui komponen yang tidak digunakan ini atau khawatir akan merusak fungsi yang tidak digunakan ini.

Itulah berita seputar Blumenkrantz Menyiram 17.1k Baris Kode Mesa Lama, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.