Booting Lebih Cepat Via Parallel CPU Bringup Hits Sebuah Hambatan Dengan CPU AMD Yang Lebih Lama

Pada akhir tahun lalu, Anda mungkin ingat pembicaraan tentang patch kernel Linux untuk mem-boot sistem lebih cepat dengan memungkinkan pemunculan paralel inti CPU sekunder. Sudah lama sejak mendengar banyak tentang upaya itu tetapi tampaknya telah menemukan hambatan karena kode tersebut mengalami masalah pada CPU Zen awal dan yang lebih lama.
Kembali ke Desember lalu ketika kode terbaru itu diposting untuk mendukung peluncuran CPU paralel pada x86_64, ada laporan masalah untuk beberapa perangkat keras AMD. Namun, men-debug masalah adalah tantangan dengan sistem yang macet sejak awal dalam proses boot dengan informasi minimal yang tersedia dan benar-benar crash/hang sistem.
Akhirnya hari ini adalah pembaruan tentang masalah itu – mengonfirmasi dari pengujian tambahan bahwa CPU Zen/Zen+ tampaknya terpengaruh oleh masalah ini dengan membawa CPU paralel sementara prosesor Zen 2 dan Zen 3 yang lebih baru tampaknya berperilaku baik. Men-debug masalah Zen/Zen+ tetap menjadi tantangan karena gagal dengan cepat dan tidak mendapatkan output apa pun dari sistem saat boot. Selain Zen/Zen+ dirusak dengan kode booting CPU paralel ini, sebelumnya juga dilaporkan APU/CPU pra-Zen mengalami masalah juga.

Jadi sementara dukungan boot paralel CPU untuk Intel/AMD x86_64 ini menjanjikan terutama untuk penghematan waktu boot yang signifikan dengan sistem jumlah inti yang lebih tinggi, mengingat kurangnya kemajuan penting dalam beberapa bulan terakhir tampaknya tidak menjadi prioritas dan juga tetap rumit oleh masalah AMD ini dan melalui milis mungkin ada beberapa kebiasaan/masalah lain juga. Mudah-mudahan mereka akan dapat mengatasi masalah ini jika tidak jika/ketika patch ini bergerak maju bisa berakhir harus blacklist/whitelist CPU untuk menikmati fungsi ini.

Itulah berita seputar Booting Lebih Cepat Via Parallel CPU Bringup Hits Sebuah Hambatan Dengan CPU AMD Yang Lebih Lama, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.