Canonical Meluncurkan Langganan Ubuntu Pro Gratis untuk Semua Orang

  • Post author:
  • Post category:Linux


Canonical hari ini meluncurkan penawaran komersial Ubuntu Pro tingkat gratis untuk semua orang yang ingin memperluas cakupan pembaruan keamanan pada PC Ubuntu mereka hingga 10 tahun dan juga mengakses alat eksklusif.

Diumumkan oleh Canonical tahun lalu, Ubuntu Pro adalah keamanan yang diperluas langganan pemeliharaan dan kepatuhan sebagai bagian dari Ubuntu Advantage, yang awalnya dirancang untuk pelanggan perusahaan yang menawarkan layanan global yang menginginkan stabilitas jangka panjang untuk infrastruktur dan aplikasi mereka.

Sekarang, Canonical memutuskan untuk memperluas Ubuntu Pro untuk penggunaan komersial pribadi dan skala kecil dengan tingkat gratis hingga lima mesin, dalam upaya untuk membuat open source lebih mudah dikonsumsi oleh massa dan memberikan pengguna Ubuntu keamanan yang lebih baik untuk instalasi mereka hingga 10 tahun.

Ubuntu Pro tersedia untuk setiap versi Ubuntu LTS yang didukung, dimulai dengan Ubuntu 16.04 ESM dan hingga Ubuntu 22.04 LTS. Namun, ini tidak tersedia untuk rilis sementara Ubuntu seperti Ubuntu 22.10 (Kinetic Kudu) mendatang.
“Sejak kami pertama kali meluncurkan Ubuntu LTS, dengan lima tahun cakupan keamanan gratis untuk OS utama, pelanggan perusahaan kami telah meminta kami untuk mencakup lebih banyak dan lebih banyak lagi lanskap sumber terbuka yang lebih luas di bawah perjanjian komersial swasta. Hari ini, kami bersemangat untuk menawarkan manfaat dari semua pekerjaan itu, gratis, kepada siapa pun di dunia, dengan langganan Ubuntu Pro pribadi gratis,” kata CEO Canonical Mark Shuttleworth.
Dengan langganan gratis Ubuntu Pro di Ubuntu LTS Anda mesin, Anda akan memperluas cakupan keamanan untuk CVE kritis, tinggi, dan menengah (Kerentanan Umum dan Eksposur) ke ribuan aplikasi dan rantai alat, termasuk Ansible, Apache Tomcat, Apache Zookeeper, Docker, Drupal, Nagios, Node.js, phpMyAdmin, Wayang, PowerDNS, Python 2, Redis, Rust, WordPress, ROS, dan lainnya.

Selain menyediakan pembaruan keamanan penting, langganan Ubuntu Pro juga memberi Anda akses ke berbagai alat untuk manajemen kepatuhan dan pengerasan di lingkungan yang diatur dan diaudit, juga untuk paket kriptografi bersertifikat FIPS 140-2.

Pengguna dapat memperoleh langganan Ubuntu Pro pribadi gratis di situs web resmi. Sekali lagi, harap diingat bahwa Anda dapat menggunakan langganan gratis hingga lima mesin. Jika Anda membutuhkannya untuk lebih dari lima PC, Anda harus membeli paket berbayar, yang saat ini dihargai $25 USD per tahun untuk workstation atau $500 USD per tahun untuk server. Anggota Komunitas Ubuntu resmi mendapatkan dukungan hingga 50 mesin.

Untuk menambahkan langganan Ubuntu Pro gratis ke mesin Ubuntu LTS Anda, pertama-tama daftar di situs web yang ditautkan di atas dengan membuat atau mengautentikasi dengan akun Ubuntu One gratis. Dibutuhkan satu klik untuk mendaftar, maka Anda akan memiliki akses ke token Pro Ubuntu.

Di mesin Ubuntu Anda, buka utilitas Perangkat Lunak & Pembaruan dan buka tab Livepatch. Di sana, klik tombol “Lampirkan mesin ini” dan rekatkan token di dialog Ubuntu Advantage. Anda juga dapat melakukannya secara manual dari baris perintah dengan menjalankan perintah di bawah ini di aplikasi Terminal (ganti TOKEN dengan token Anda).
sudo ua melampirkan TOKEN
Setelah itu, Anda akan melihat bahwa rencana Pemeliharaan Keamanan Dasar Anda diubah menjadi Pemeliharaan Keamanan Diperpanjang (ESM ) di tab Pembaruan pada utilitas Perangkat Lunak & Pembaruan.

Kredit gambar: Canonical (diedit oleh Marius Nestor)

Sumber: Google, 9to5linux.com