Cetakan 1.7 Dirilis Tetapi Mungkin Perlu Mengubah Lisensi Perangkat Lunak Jika Pendanaan Tidak Dijamin

  • Post author:
  • Post category:Linux

Mould adalah penghubung sumber terbuka, berkinerja tinggi, dan modern yang mengambil alih seperti LLVM LLD dan GNU Gold. Cetakan 1.7 telah dirilis sebagai pembaruan terbaru untuk tautan yang sangat menjanjikan ini, tetapi sayangnya pengembang utama sedang mengevaluasi perubahan lisensi. Karena masih kehilangan uang karena mengerjakannya secara penuh waktu, dia mungkin terpaksa mengubah lisensi perangkat lunak tanpa memperoleh pendanaan yang berkelanjutan.
Sayangnya, tantangan yang terlalu umum di dunia sumber terbuka untuk proyek perangkat lunak bebas yang tidak didukung oleh perusahaan besar: pengembang utama telah mengerjakan proyek secara penuh waktu dan memanfaatkan sumber dayanya sendiri dan sedikit pendanaan komunitas, tetapi pada saat ini titik terbukti menjadi usaha yang tidak berkelanjutan. Sayangnya, Rui Ueyama sedang mempertimbangkan perubahan lisensi perangkat lunak di mana penggunaan Mold akan terus menjadi bebas/sumber terbuka untuk penggunaan pribadi tetapi tidak demikian untuk pengguna korporat.
Rui menulis dalam pengumuman rilis Mold 1.7:
Saya ingin memberi tahu pengguna bahwa saya serius mempertimbangkan untuk mengubah lisensi cetakan dari AGPL menjadi lisensi yang tersedia sumber kecuali saya mendapatkan dana besar. Lisensi baru akan menjadi sesuatu seperti individu dapat menggunakannya secara gratis tetapi pengguna korporat harus membayar. mould dimulai sebagai proyek pribadi saya, dan sejauh ini saya telah mengerjakannya secara penuh selama dua tahun. Saya pikir saya bisa mendapatkan penghasilan yang nyaman jika cetakan menjadi populer, tapi sayangnya, saya masih kehilangan uang saya. Saya pikir saya perlu mengambil tindakan untuk membuat proyek ini berkelanjutan dalam jangka panjang. Rui melanjutkan dengan mencatat di Google Doc-nya:
Bahkan agak ironis bahwa saya telah ditanyai oleh beberapa perusahaan besar kapan cetakan/macOS akan tersedia, karena mereka ingin menggunakannya untuk bisnis multi-miliar dolar mereka. Tetapi tidak satupun dari mereka memberi saya dukungan keuangan.
Hambatan utama dalam mendapatkan dukungan finansial adalah sebagian besar perusahaan tidak memiliki proses internal untuk mulai mendanai proyek sumber terbuka. Jika mereka perlu membeli lisensi, tidak apa-apa, itu bagian dari bisnis mereka yang biasa. Tetapi mendukung (atau memberikan uang untuk) perangkat lunak “gratis” hampir tidak mungkin. Ini menimbulkan terlalu banyak pertanyaan di setiap tingkat manajemen. Apa item akuntansi yang harus dikategorikan? Apakah ada implikasi hukumnya? Siapa yang bisa menyetujuinya sejak awal? Dan yang tak kalah pentingnya, mengapa mereka harus melakukannya jika tersedia secara gratis?
Saya telah mencoba membangun bisnis berdasarkan dukungan penjualan dan mendapatkan dukungan finansial. Tapi saya harus mengakui bahwa itu tidak berjalan dengan baik seperti yang saya harapkan. Sayangnya, ini adalah masalah yang terlalu umum di dunia sumber terbuka oleh pengembang yang tidak didukung perusahaan.
Untuk rilis Mold 1.7, linker ini kini telah menambahkan dukungan untuk arsitektur prosesor Motorola 68000 “m68k”. Mold 1.7 juga memperbaiki masalah saat menggunakan pengoptimal LLVM BOLT Facebook dan perbaikan lainnya.
Detail lebih lanjut tentang rilis Mold 1.7 melalui GitHub.

Itulah berita seputar Cetakan 1.7 Dirilis Tetapi Mungkin Perlu Mengubah Lisensi Perangkat Lunak Jika Pendanaan Tidak Dijamin, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.