Clonezilla Live 3.0 Menambahkan Dukungan APFS dan LUKS, Didukung oleh Kernel Linux 5.17


Clonezilla Live pengelola dan pengembang Steven Shiau hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Clonezilla Live 3.0, pembaruan besar dari ISO langsung sumber terbuka dan gratis ini untuk kloning dan pencitraan disk berdasarkan utilitas Clonezilla yang terkenal.

Didukung oleh kernel Linux 5.17 dan berbasis pada repositori Debian Sid pada 22 Mei 2022, rilis Clonezilla Live 3.0 hadir untuk memperkenalkan dukungan untuk sistem file APFS Apple, yang berarti Anda sekarang dapat menggunakan Clonezilla Live untuk mengkloning partisi APFS, serta dukungan untuk LUKS (Linux Unified Key Setup) disk terenkripsi.
“Pada dasarnya mekanisme yang lebih baik daripada dd diimplementasikan. Disarankan untuk mengenkripsi gambar saat menyimpan perangkat LUKS,” kata Steven Shiau.
Clonezilla Live 3.0 juga menambahkan mekanisme yang lebih baik untuk memeriksa format GPT/MBR dari disk sebagai solusi untuk menangani tabel partisi ChromeOS Flex, menambahkan “memtester” opsi di menu boot UEFI untuk pengujian stres memori, dan menambahkan mekanisme baru untuk melewati cache daftar perangkat, yang dapat dinonaktifkan dengan use_dev_list_cache=no parameter boot.

Beberapa alat baru telah ditambahkan ke sistem langsung, termasuk waveon, memtester, edac-utils, shc, dan uml-utilities, dan banyak lainnya telah diperbarui, termasuk Partclone ke versi 0.3.20. Selain itu, rilis ini menggantikan program pixz dengan xz dan menghapus alat s3ql dari sistem langsung.

Di antara perubahan penting lainnya, rilis ini memperbarui parameter boot use_os_prober=”no” untuk menonaktifkan os-prober agar tidak berjalan saat startup, dan mengimplementasikan – k0 opsi dummy untuk membuat partisi di ocs-sr dan ocs-onthefly.

Beberapa bug juga telah diatasi dan beberapa terjemahan bahasa telah diperbarui. Anda dapat mengunduh Clonezilla Live 3.0 sekarang juga dari situs web resminya atau dengan menggunakan tautan unduhan langsung di bawah ini. Gambar ISO disediakan untuk arsitektur 64-bit dan 32-bit.
Download Clonezilla Live 3.0 (64-bit)

Sumber: Google, 9to5linux.com