Debian 12 Beralih Ke PipeWire & WirePlumber Secara Default Dengan Desktop GNOME

  • Post author:
  • Post category:Linux

Selain Ubuntu 22.10 beralih ke PipeWire sebagai pengganti server audio default ke PulseAudio, Debian upstream telah melakukan hal yang sama menjelang rilis Debian GNU/Linux 12 mereka tahun depan.
Jeremy Bicha dari Canonical mengantarkan perubahan untuk mengalihkan default upstream Debian saat menggunakan desktop GNOME ke PipeWire bersama dengan manajer WirePlumber.

Sejak pertengahan September, laporan bug Debian ini berubah menjadi PipeWire secara default untuk gnome-core dengan Debian Sid dan rilis “Bookworm” Debian 12. Saat ini ini hanya mempengaruhi pengguna GNOME di Debian untuk kedepannya.
Debian dan Ubuntu bergabung dengan Fedora Workstation, openSUSE Tumbleweed, Pop!_OS, dan banyak distro Linux lainnya yang sudah menggunakan PipeWire dan WirePlubmer secara default di desktop sebagai alternatif modern dan tangguh seperti PulseAudio dan JACK.
Secara terpisah, kemarin juga menandai rilis PipeWire 0.3.59 dengan dukungan Bluetooth LE, peningkatan plug-in ALSA, tweak server Pulse, dan berbagai perbaikan di seluruh.
Debian 12 sebagai rilis utama Debian GNU/Linux berikutnya kemungkinan akan debut sekitar pertengahan tahun 2023.

Itulah berita seputar Debian 12 Beralih Ke PipeWire & WirePlumber Secara Default Dengan Desktop GNOME, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.