Debian GNU/Linux 12 “Bookworm” Installer Menambahkan Deteksi Windows 11, Perangkat ARM Baru

  • Post author:
  • Post category:Linux


Proyek Debian hari ini merilis versi pengembangan alpha pertama dari installer untuk seri sistem operasi Debian GNU/Linux 12 “Bookworm” yang akan datang, yang akan dirilis tahun depan.

Bekerja pada Debian GNU/Linux 12 “Bookworm” dimulai beberapa bulan yang lalu , tetapi sekarang ada juga penginstal resmi untuk pengguna awal dan penggemar Linux/Debian yang ingin merasakan fitur dan peningkatan baru.

Penginstal Debian GNU/Linux 12 “Bookworm” hadir dengan dukungan untuk seri kernel Linux 5.19 terbaru dan memperkenalkan berbagai peningkatan perangkat keras, dimulai dengan deteksi sistem operasi Windows 11 jika Anda berencana untuk melakukan dual boot Debian GNU/Linux dan Windows pada mesin yang sama.

Dukungan untuk perangkat ARM baru juga telah ditambahkan, termasuk Banana Pi BPI M2 Ultra, ODROID -C4, ODROID-HC4, ODROID-N2, dan komputer papan tunggal ODROID-N2+, smartphone Linux Librem 5r4 (Evergreen) dari Purism, serta laptop modular MNT Reform Version 2 modular.

New Perangkat RISC-V juga didukung, termasuk SiFive HiFive Unmatched dan BeagleV Starlight Beta, serta Microchip PolarFire-SoC Icicle Kit, platform pengembangan berbiaya rendah yang memungkinkan evaluasi mikroprosesor RISC-V berkemampuan Linux 5-inti subsystem.

Di antara perubahan penting lainnya yang diterapkan dalam penginstal untuk Debian GNU/Linux 12 “Bookworm”, ada dukungan pembaca layar yang diaktifkan secara default untuk lingkungan desktop Cinnamon, peluncuran otomatis sintesis ucapan, deteksi perangkat multipath yang lebih mudah, dan dukungan untuk beberapa initrd paths.

Pemasang juga menambahkan dukungan untuk distribusi Exherbo Linux berbasis sumber, deteksi driver NTFS3 untuk kernel Linux 5.15 atau lebih baru (selain NTFS dan NTFS-3G), dan deteksi file initramfs Alpine Linux. Perubahan menarik lainnya adalah bahwa penginstal tidak lagi menawarkan dukungan dmraid eksperimental.

Pembaca yang paham teknologi saya dapat menemukan detail tambahan tentang perubahan yang ada di versi alfa pertama dari penginstal untuk Debian GNU/Linux 12 “Bookworm” di pengumuman milis diterbitkan sebelumnya hari ini oleh Cyril Brulebois. Rilis terakhir dari Debian Bookworm diharapkan pada musim panas 2023.

Kredit gambar: Debian Project

Sumber: Google, 9to5linux.com