Debian Mempertimbangkan Mengubah Cara Memperlakukan Firmware Sumber Tertutup

Sementara sebagian besar distribusi Linux akan menyertakan file firmware linux-firmware.git sebagai kumpulan binari firmware/mikrokode yang dibutuhkan oleh berbagai driver kernel Linux arus utama, Debian tidak. Sementara driver kernel adalah open-source, file firmware cenderung biner saja/close-source, tetapi hari ini semakin diperlukan untuk semua tingkat dukungan fungsional. Dengan demikian Debian berada dalam posisi canggung karena memberikan dukungan perangkat keras yang buruk dan pengguna bertanya-tanya apa yang terjadi atau membuat beberapa perbaikan untuk menangani kebutuhan firmware dunia saat ini dengan lebih baik.
Bertahun-tahun yang lalu sebagian besar sistem Linux — terutama desktop dan server — umumnya dapat bertahan tanpa perlu memuat file firmware tambahan kecuali untuk beberapa laptop dan adaptor nirkabel. Namun dalam beberapa tahun terakhir, file firmware diperlukan untuk menerapkan pembaruan mikrokode CPU untuk alasan keamanan, sebagian besar kartu grafis modern memerlukan file firmware biner untuk inisialisasi perangkat keras agar dapat menikmati akselerasi 3D, dan komponen perangkat keras lainnya semakin mengandalkan file firmware eksternal untuk semua tingkat dukungan pengemudi. Bahkan hanya atas nama perbaikan keamanan akhir-akhir ini, file firmware semakin penting.
Pengembang Debian terkenal Steve McIntyre bekerja dengan anggota kru Debian lainnya untuk mencoba mencari jalan terbaik untuk menangani file firmware. Media resmi Debian saat ini tidak menyertakan file firmware non-bebas tetapi ada media instalasi terpisah yang tersedia tetapi tidak dipublikasikan secara luas yang menyertakan file tersebut. Untuk pengguna akhir ini hanya menyebabkan kekacauan dengan perangkat keras saat ini.
Bahkan dengan driver open-source, banyak perangkat keras saat ini adalah sampah tanpa file firmware sumber tertutup.

Debian akan bekerja menuju resolusi umum untuk mengumpulkan komunitas Debian yang lebih luas tentang apa yang harus dilakukan untuk penanganan firmware. Di antara opsi yang saat ini sedang dipertimbangkan:
1. Pertahankan setup yang ada. Ini mengerikan, tapi mungkin itu yang terbaik yang bisa kita lakukan? (Saya harap tidak!)
2. Kami bisa saja berhenti menyediakan gambar tidak resmi yang tidak gratis sama sekali. Itu bukan rute yang menjanjikan untuk diikuti – kami akan mempersulit pengguna untuk menginstal perangkat lunak kami. Meskipun secara ideologis murni, itu tidak akan memajukan penyebab Perangkat Lunak Bebas.
3. Kita bisa berhenti berpura-pura bahwa gambar tidak bebas itu tidak resmi, dan mungkin memindahkannya di samping gambar gratis yang normal sehingga mereka diterbitkan bersama. Ini akan membuatnya lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang membutuhkannya, tetapi kemungkinan akan menyebabkan pengguna mempertanyakan mengapa kami masih membuat gambar apa pun tanpa firmware jika sebaliknya.
4. Tim gambar secara teknis dapat dengan mudah memasukkan gambar tidak bebas ke dalam gambar resmi, dan menambahkan paket firmware ke daftar masukan untuk gambar tersebut. Namun, itu masih akan meninggalkan kita dengan masalah 3 dari atas (non-gratis umumnya diaktifkan pada sebagian besar instalasi).
5. Kami dapat membagi paket firmware tidak bebas menjadi komponen firmware tidak bebas baru dalam arsip, dan mengizinkan pengecualian khusus hanya untuk mengizinkan penyertaan paket tersebut di media resmi kami. Kami kemudian akan menghasilkan hanya satu set media resmi, termasuk paket firmware tidak bebas tersebut. Steve secara pribadi mengharapkan pendekatan terakhir sebagai kompromi yang masuk akal antara nilai perangkat lunak bebas Debian dan memastikan pengguna dapat memiliki pengalaman perangkat keras yang baik dengan non- firmware gratis jika perlu. Lebih detail di blog Steve. Dia berharap untuk pemungutan suara Debian GR segera mengenai masalah ini sehingga perubahan tersebut berpotensi dapat diatasi tepat waktu untuk Debian 12 tahun depan.

Itulah berita seputar Debian Mempertimbangkan Mengubah Cara Memperlakukan Firmware Sumber Tertutup, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.