Desktop KDE Plasma 5.25 Mendapat Rilis Poin Pertama, Dukungan Multi-GPU Ditingkatkan

  • Post author:
  • Post category:Linux


Proyek KDE hari ini mengumumkan ketersediaan umum rilis titik pertama untuk seri lingkungan desktop KDE Plasma 5.25 terbaru dan terhebat dengan batch awal perbaikan bug dan peningkatan.

KDE Plasma 5.25 tiba minggu lalu sebagai versi terbaru dan terhebat dari desktop tercinta lingkungan untuk distribusi GNU/Linux yang digunakan oleh ribuan pengguna di seluruh dunia. Ini memperkenalkan banyak fitur baru seperti panel mengambang, navigasi ruang kerja yang didesain ulang, gerakan baru untuk layar sentuh dan touchpad, dan banyak lagi.

Sekarang, KDE Plasma 5.25.1 hadir sebagai pembaruan pemeliharaan pertama untuk KDE Plasma 5.25, menangani berbagai masalah seperti layar eksternal dukungan pada pengaturan multi-GPU, masalah dengan kecerahan layar yang macet pada 30 persen pada beberapa laptop, serta crash KWin yang terjadi ketika pengaturan layar berubah.

Selanjutnya, KDE Plasma 5.25.1 memperbaiki kebocoran memori di Klipper Plasma layanan clipboard, masalah “jendela hantu” yang terjadi saat berpindah desktop, gangguan di Pengaturan Sistem saat mencoba memasang tema kursor dari drive disk lokal, dan gangguan visual dengan penggeser bertema Breeze saat menggunakan RTL (Right-to- Kiri) language.

Juga diperbaiki dalam rilis poin pertama ini ke seri lingkungan desktop KDE Plasma 5.25 adalah masalah dalam sesi Plasma Wayland saat menonton video dengan video MPV versi terbaru aplikasi eo player karena video tidak muncul dengan batas transparan kecil di sekitarnya.

Perubahan menarik lainnya di KDE Plasma 5.25.1 adalah Anda tidak dapat lagi menghapus tema layar masuk SDDM dari halaman Layar Masuk Pengaturan Sistem (SDDM) yang ada diinstal dari repositori distro Anda. Sekarang, Plasma hanya memungkinkan Anda menghapus tema SDDM yang diunduh dan diinstal secara manual.

KDE Plasma 5.25.1 juga memungkinkan untuk menyeret jendela individual dari satu desktop ke desktop lainnya saat menggunakan efek Desktop Grid, mengaktifkan Ikhtisar, Present Windows, dan Desktop Grid efek lebih halus saat menggunakan gerakan touchpad, dan meningkatkan efek “tepi sorot” KWin agar tidak lagi muncul saat menggerakkan kursor mouse di dekat tepi layar saat jendela layar penuh difokuskan dan panel yang disembunyikan otomatis hadir.

Terakhir namun tidak kalah pentingnya, rilis poin KDE Plasma 5.25 pertama ini meningkatkan penskalaan ikon baki sistem saat Anda mengatur tinggi panel Plasma ke angka ganjil dan meningkatkan pewarnaan bilah judul dengan warna aksen aktif untuk menerapkan warna yang tepat dengan benar untuk bilah judul jendela tidak aktif.

Ada total 52 perubahan yang disertakan dalam rilis poin KDE Plasma 5.25.1 dan Anda dapat membaca semuanya di changelog lengkap. Sementara itu, periksa repositori stabil dari paket 5.25.1 jika Anda sudah menggunakan lingkungan desktop KDE Plasma 5.25 pada distribusi GNU/Linux favorit Anda dan perbarui sesegera mungkin untuk pengalaman desktop Plasma yang lebih baik.

Sumber: Google, 9to5linux.com